Mata Iman #904: MENYAMBUT KAIROS DI SEPANJANG KRONOS

MATA IMAN #904
Senin, 19 September 2022
 
Bacaan: Galatia 6:1-10
Nas: Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. (ayat 10)

MENYAMBUT KAIROS DI SEPANJANG KRONOS

Setiap orang dianugerahi waktu yang sama oleh Tuhan, yaitu 24 jam sehari. Tetapi berapa lama kita hidup tidak ada yang tahu. Waktu mengalir detik demi detik, menit demi menit, jika tidak kita pergunakan maka lenyaplah dia. Itulah kronos. Di sepanjang perjalanan waktu kita memperoleh kesempatan-kesempatan. Kalau kesempatan ini tidak kita manfaatkan juga akan lenyap. Itulah kairos. Hidup itu menjalani kronos yang di dalamnya muncul kairos-kairos yang bisa kita manfaatkan.

Proses pembentukan iman kita sebagai orang percaya berlaku seumur hidup. Perubahannya memerlukan waktu, dan terjadi secara bertahap. Di dalam menempuh perjalanan rohani kita, sejatinya kita mengemban tugas yang harus kita kerjakan. Sebagaimana Kristus telah berbuat sangat baik kepada anak-anak-Nya, kita pun harus berbuat baik bagi orang di sekitar kita. Setiap orang percaya memiliki tugas untuk berlaku baik kepada orang lain, tidak cukup hanya bersekutu dan bernyanyi di gedung gereja. Iman harus mewujud di dalam tindakan.

Melalui iman yang dikaruniakan Allah, kita dibenarkan, tetapi setelah itu perbuatan baik perlu dilakukan untuk mensyukuri pembenaran dari Allah. Perbuatan baik ini tentu saja hanya bisa kita lakukan ketika kita masih mempunyai kronos. Sambutlah kairos yang muncul untuk kita manfaatkan dengan berbuat baik, sebelum kronos kita habis dan tentu saja tidak akan muncul lagi kairos. Marilah kita senandungkan lagu: “Hidup ini adalah kesempatan.” Resapi syairnya, renungkan maknanya, semoga Roh Kudus senantiasa membimbing kita. (ENO)

PRIBADI KITA DIBENARKAN DI HADAPAN ALLAH MELALUI IMAN, TETAPI IMAN KITA DIBENARKAN DI HADAPAN MANUSIA MELALUI PERBUATAN.


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34