Mata Iman #872: OH OW… KAMU KETAHUAN!

MATA IMAN #872
Kamis, 18 Agustus 2022

Bacaan: Efesus 4:28-32
Nas: Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. (Ayat 28)

OH OW… KAMU KETAHUAN!

Seorang ibu terekam mencuri beberapa batang cokelat, namun ia malah mendesak karyawati minimarket meminta maaf karena videonya menjadi viral. Selang beberapa hari, semua pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan. Dari pengakuan anaknya, si ibu mengidap kelainan, yakni dorongan impulsif untuk mencuri, meski sebenarnya punya uang dan mampu membeli, terbukti dengan ia naik mobil dan punya toko ponsel. Itulah kleptomania; yang membedakan tindakan mencuri bermotif kriminal atau karena terdesak kondisi ekonomi.

Apapun motifnya, itu jelas tindakan yang salah, karena merugikan pihak lain. Dampaknya, setelah ketahuan, selain bisa kena hukuman, tentu saja mendapatkan sanksi sosial, dipermalukan dan tidak lagi dipercaya. Nas renungan mengajarkan kita untuk menindaklanjuti pertobatan, yakni agar tidak mengulangi perbuatan mencuri, juga giat bekerja agar mempunyai cukup uang untuk memenuhi keperluan, dan bisa berbagi kepada yang berkekurangan.

Jadilah orang yang jujur dan bisa dipercaya, misalnya dengan hadir tepat waktu sesuai jam kerja, atau saat menggunakan timbangan untuk melayani pembeli. Jawablah pula sesuai fakta ketika ditanya: “Tadi makannya apa saja?” Termasuk ketika Anda dipercaya menjadi bendahara. Ingatlah, meski manusia, CCTV, hingga laporan keuangan bisa diakali, namun mata Tuhan senantiasa mengawasi. (YOD)

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. (Amsal 28:20)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *