Mata Iman #871: YA KRISTEN, YA INDONESIA

MATA IMAN #871
Rabu, 17 Agustus 2022

Bacaan: 1 Timotius 6:11-16
Nas : Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. (ayat 12a)

YA KRISTEN, YA INDONESIA

Pada hari ini negeri kita tercinta berulang tahun ke-77. Kita menaikkan syukur ke hadirat Tuhan, sekaligus merenungkan kembali perjuangan panjang negeri ini. Perjuangan melawan para penjajah yang membuat kehilangan banyak hal berharga, termasuk keluarga dan nyawa. Perjuangan yang semula hanya bersifat kedaerahan, namun oleh pengalaman lalu berubah berskala nasional, semakin terarah dan terorganisir. Perjuangan yang dilakukan secara kerjasama tanpa memandang suku dan agama untuk meraih kemerdekaan sebagai hak sebuah bangsa.

Hidup sebagai pengikut Kristus juga merupakan hidup yang sarat perjuangan. Bukan instan. Kepada Timotius, Paulus menasihati agar bersungguh-sungguh atas panggilannya sebagai orang Kristen. Yaitu dengan cara memelihara perjuangan sampai akhir dengan patut, sehingga memperoleh kemenangan. Tanggung jawab besar ini harus diemban sebagai wujud pengakuannya menjadi murid Kristus, dan Kristus pun akan senantiasa menopangnya. Timotius juga diingatkan agar ketaatannya sebagai orang Kristen tidak tercemar sehingga tidak memancing celaan terhadapnya.

Bung Karno pernah berkata, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”. Berarti perjuangan kita memang belum selesai. Sebagai pengikut Kristus, memaknai kemerdekaan berarti mengimplementasikan nilai-nilai pengajaran-Nya, dalam relasi dengan Tuhan dan sesama. Hidup kita haruslah menjadi ibadah sejati, bukan semata ritual, namun juga aktual. Termasuk di dalamnya adalah memanusiakan manusia, menegakkan keadilan dan kebenaran berdasarkan kasih. (SLS)

KITA INDONESIA DAN SEKALIGUS KITA KRISTEN. KEDUA IDENTITAS ITU MENYATU DALAM PENGAKUAN KITA (Pdt. Em. Andar Ismail)


Keterangan:

  1. Judul diambil dari buku Andar Ismail “Selamat Mengindonesia” halaman 61.
  2. Kata bijak diambil dari buku Andar Ismail ” Selamat Mengindonesia” halaman 64.

Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34