Mata Iman #767: SALING MEMAAFKAN

MATA IMAN #767
Kamis 5 Mei 2022

Bacaan: Matius 18:21-35
Nas: Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali (Ayat 22)

SALING MEMAAFKAN

Sebagai orang Indonesia, kita pun ikut menjadi bagian dari tradisi perayaan Idul Fitri dengan mengucapkan selamat dan mohon maaf lahir dan batin kepada kerabat maupun sahabat, meski berbeda keyakinan. Berbuat salah adalah hal manusiawi, sehingga wajar jika kita harus saling memaafkan agar tetap menjaga kerukunan sebagai sesama warga negara.

Petrus bertanya kepada Yesus, berapa kali harus mengampuni? Nas renungan ini dapat ditafsirkan bahwa jawabannya adalah sesering mungkin; alih-alih secara matematis, sebanyak 490 kali, yang terkesan mengajarkan bahwa mengampuni ada batas jumlahnya. Bacaan dilanjutkan dengan perumpamaan orang yang hutangnya dihapuskan karena belas kasihan sang raja. Namun ia tidak mengasihani kawannya yang berhutang lebih sedikit. Sepuluh ribu talenta berbanding seratus dinar. Atau jika dibandingkan dalam upah kerja: 200.000 tahun dibandingkan 100 hari.

Kita telah menerima pengampunan dari belas kasihan Tuhan sebagai anugerah terbesar yang tak akan sanggup dilunasi. Sudah sewajarnya kita juga memiliki rasa yang sama terhadap kesalahan orang lain. Mari kita manfaatkan momen hari raya untuk terhubung kembali dan membangun relasi dengan saling memaafkan; karena Tuhan telah lebih dahulu memaafkan kita. (YOD)

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! (Mazmur 133:1)

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34