Mata Iman #766: NGGAK USAH KEPO

MATA IMAN #766
Rabu, 4 Mei 2022

Bacaan: Yohanes 21:15-23
Nas : “Itu bukan urusanmu” (ayat 22b)

NGGAK USAH KEPO

Saya pernah membaca daring di kompas.tv, kata “kepo” ternyata sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Artinya adalah rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain.

Dalam bacaan ini, mula-mula Yesus terlibat dalam percakapan dengan Petrus, kemudian Yesus menyatakan tentang bagaimana Petrus akan mati, dan akhirnya Yesus meminta Petrus agar mengikuti-Nya. Saat mereka berjalan, Petrus berpaling dan melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus juga sedang mengikuti mereka. Ada yang menafsirkan bahwa murid yang dikasihi Yesus adalah Yohanes. Oleh karena Petrus memang sering bertindak cepat menurut gerak hati, ia tidak dapat menahan diri untuk tidak bertanya tentang “nasib” Yohanes nantinya. Kita tidak tahu alasan Petrus sebenarnya. Hanya sekadar ingin tahu, atau dia memang menaruh peduli, karena dia pernah meminta tolong kepada Yohanes agar bertanya kepada Yesus tentang siapa murid yang akan berkhianat (Yohanes 13:24-25). Ternyata pertanyaan Petrus itu dijawab dengan lugas oleh Yesus, bahwa andaipun Yesus menghendaki agar Yohanes tetap hidup hingga Yesus datang kembali, itu bukan urusan Petrus. Lalu Yesus mengulang kembali ajakan-Nya dengan bersabda, “tetapi engkau: ikutlah Aku”.

Karena hidup manusia sarat dengan pelbagai perubahan, terkadang tanpa disadari cenderung membanding-bandingkan. Padahal yang nampak di mata atau yang mampir di telinga belum tentu yang sebenarnya. Teguran Yesus terhadap Petrus berlaku juga bagi kita. Nggak usah kepo… (SLS)

TERKADANG, BERHENTI MENCARI TAHU ITU JUSTRU MELEGAKAN

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *