Mata Iman #757: PEMBERONTAKAN

MATA IMAN #757
Senin, 25 April 2022

Bacaan: Yesaya 53:4-6
Nas: Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. (Ayat 5).

PEMBERONTAKAN

Pemberontakan adalah tindakan yang ingin melepaskan diri dari kekuasaan yang sah dengan melakukan perlawanan. Para pemberontak yang tertangkap akan dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Bahkan tidak jarang pemberontak ini dihukum mati. Sedangkan kejahatan adalah pelanggaran terhadap hukum yang berlaku di negara tertentu. Hukum diberlakukan untuk menata kehidupan masyarakat agar tertib. Pelanggar hukum ini pun dapat dihukum sesuai dengan jenis dan tingkat kejahatannya.

Demikian juga di Kerajaan Allah. Baik pemberontak maupun pelanggar hukum akan menghadapi konsekuensi hukuman yang ditetapkan oleh Sang Raja, yaitu kematian kekal. Akan tetapi, Sang Raja yang Mahakasih itu menanggungkan hukuman tersebut kepada Anak Tunggal-Nya sehingga Anak-Nya itu harus ditikam dan diremukkan tubuh-Nya. Rancangan penyelamatan Allah adalah memberi pengampunan berdasarkan pada rahmat dan belas kasihan-Nya. Hal ini disampaikan oleh Yesaya, sekitar tujuh ratus tahun sebelum digenapi oleh Yesus Kristus.

Sejatinya, kitalah pemberontak dan pelanggar hukum itu. Kitalah yang seharusnya dihukum mati atas perlawanan kita kepada Sang Raja dari Kerajaan Allah. Tetapi karena kasih Allah kita dilepaskan dari hukuman mati tersebut. Kematian Sang Juruselamat, Yesus Kristus, di kayu saliblah yang menjadi tebusannya. Sepatutnyalah kita mengucap syukur untuk itu. Dengan apakah kita mengucap syukur? Dengan membaktikan hidup kita bagi Sang Juruselamat yang telah menderita akibat menanggung hukuman kita. (ENO)

KARENA BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI, SEHINGGA IA TELAH MENGARUNIAKAN ANAK-NYA YANG TUNGGAL, SUPAYA SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADA-NYA TIDAK BINASA, MELAINKAN BEROLEH HIDUP YANG KEKAL. (Yohanes 3:16).

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *