Mata Iman #739: MENULIS UNTUK TEOFILUS

MATA IMAN #739
Kamis, 7 April 2022

Bacaan: Lukas 1:1-4
Nas: supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar. (Ayat 4)

MENULIS UNTUK TEOFILUS

Injil Lukas dan Kisah Para Rasul diawali dengan sapaan kepada Teofilus. Ada beberapa versi yang menjelaskan siapa sosok tersebut: seorang penganut Yahudi di Mesir, yang kepadanya Lukas berusaha meyakinkan akan kesaksian mengenai siapa Yesus; seorang pejabat Romawi yang menyukai catatan sejarah; hingga pengacara yang mendampingi Paulus ketika ditahan di Roma.

Ada penafsiran lain, nama tersebut berarti “yang mengasihi Allah” atau “yang dikasihi Allah”. Secara kontekstual, berarti siapa saja yang membacanya, yang mengasihi dan dikasihi Allah; melampaui sosok satu individu dan rentang waktu. Teofilus adalah Anda dan saya, sebagai murid Yesus yang hidup di zaman berbeda, namun mengenal-Nya karena membaca kesaksian penginjil Lukas yang diilhami Roh Kudus, telah mendokumentasikan riwayat kelahiran Yesus, kiprah-Nya, penyaliban dan kebangkitan-Nya, hingga pemberitaan Injil setelah peristiwa Pentakosta.

Dibutuhkan ketekunan dan talenta menulis yang bisa terus diasah, untuk mengekspresikan gagasan menjadi enak dibaca, jelas, runut dan sanggup mempengaruhi serta mengubah hidup banyak orang. Telah dua tahun lebih, Renungan Mata Iman eksis mendampingi kehidupan kerohanian Anda sebagai “sang Teofilus”. Kini, renungkanlah, siapakah Teofilus Anda? Kepada siapa Anda akan memberikan kesaksian mengenai Tuhan Yesus Kristus? Baik itu melalui karya tulisan, jika Anda merasa terpanggil untuk ikut melayani dengan mengirimkan naskah, atau melalui kehidupanmu yang telah menjadi surat pujian dan kitab terbuka. (YOD)

Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia. (2 Korintus 3:2-3)

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *