Mata Iman #718: CARA HIDUP BAHAGIA

MATA IMAN #718
Kamis, 16 Maret 2022

Bacaan: Mazmur 37:1-5
Nas: dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. (Ayat 4)

CARA HIDUP BAHAGIA

Sejak 2013, setiap 20 Maret diperingati sebagai International Day of Happiness,  supaya kita memahami, mengejar dan menjaga hal yang berharga dalam hidup. Dalam riset oleh Robert Waldinger, psikiater dari Harvard, terungkap tiga sumber kebahagiaan: relasi yang baik; kegiatan berupa profesi atau hobi, dan bisa menolong orang lain, melalui kegiatan sukarela atau bakti sosial, misalnya.

Mazmur 37 diawali dengan nasihat agar kita tidak iri kepada orang lain, apalagi yang hidupnya terlihat wow, namun dari hasil curang atau kejahatan. Ketidakpuasan inilah yang menyurutkan bahagia, apalagi jika dilanjutkan dengan membanding-bandingkan, lalu merasa kalah. Firman Tuhan mengajarkan agar kita tetap berlaku baik, bukan jalan pintas.

Selanjutnya, marilah bersyukur, bergembira, berdoa dan terus berusaha agar bisa mewujudkan keinginan sesuai kehendak-Nya: yakni hidup penuh kasih dan damai dengan siapapun; bekerja sesuai kemampuan dan terus meningkatkan potensimu, serta memuliakan Tuhan melalui penghasilan; dan melayani, dalam arti luas, baik itu dalam tugas pelayanan di gereja atau melalui kebaikan dan pemberian bagi yang memerlukannya. Ayo kita mulai berbahagia! (YOD)

==

Ikigai yang berarti “hidup bermakna” didapat dari terpenuhinya empat aspek, yakni: passion, mission, vocation, profession; sebagai sumber kebahagiaan hidup – Akihiro Hasegawa, psikolog klinis Jepang.

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

Selengkapnya tentang ikigai dibaca di tautan ini:

Mengenal Konsep Ikigai, Filosofi Hidup Bahagia ala Orang Jepang

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *