Mata Iman #683: NIHIL AGENDO HOMINES MALE AGERE DISCUNT

MATA IMAN #683
Kamis, 10 Februari 2022

Bacaan: Amsal 24: 30-34
Nas: Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh. (Ayat 31)

NIHIL AGENDO HOMINES MALE AGERE DISCUNT

Ungkapan Latin ini dicetuskan Lucius Columella (4-70 Masehi), penulis era Romawi yang banyak mengulas mengenai metode berkebun serta berbagai jenis pohon dan tanaman. Artinya: Dengan tidak melakukan apapun, manusia belajar menjadi jahat. Jika diinterpretasi sesuai konteksnya, sebagai ahli botani, pesannya secara lebih sederhana adalah: pemalas akan menyebabkan tanaman miliknya mati, alias gagal panen.

Pesan senada juga ada dalam Amsal, yang mengajarkan berbagai nasihat bijak. Ladang si pemalas tidak membuahkan hasil, seperti diungkapkan dalam nas renungan. Mari telaah, apa atau dimana “ladang” milikmu? Secara rohani, bisa berarti para jemaat yang Tuhan percayakan untuk digembalakan; atau kariermu, atau bisnis wirausaha yang kau rintis. Tentu kita semua ingin hasilnya tumbuh subur. Ada promosi dan naik gaji, atau dagangan laris dan omset meningkat; hingga jemaat yang ada, terus terawat, tidak ‘hilang’ karena merasa tak diperhatikan, dan kerohanian kita semua semakin matang.

Jadi, rawatlah ladangmu setiap hari dengan tekun. Jika kamu pelajar, buat perencanaan; misalnya dengan tes bakat dan minat untuk pemilihan jurusan dan fakultas agar mencapai hasil optimal. Selain rajin dalam menambah pemahaman ilmu, imbangi juga dengan mencari pengalaman melalui kegiatan berorganisasi, seperti mengikuti persekutuan pemuda dan remaja, untuk membuka wawasan, sama-sama belajar, bertumbuh dan melayani di ladang pelayanan sambil mempersiapkan ladang karirmu. (YOD)

Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan. (Amsal 28:19)

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *