Mata Iman #593: KOMUNIKASI YANG MENGUBAHKAN

MATA IMAN #593
Jumat 12 November 2021

Bacaan: Lukas 7:36-50
Nas:  Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: “Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.” (ayat 39)

KOMUNIKASI YANG MENGUBAHKAN

“Sesungguhnya Surabaya adalah Indonesia dan Indonesia adalah Surabaya. Kehormatan Republik Indonesia dipertaruhkan di Surabaya,” pekik Bung Tomo pada tanggal 10 November 1945, momen yang melahirkan Hari Pahlawan yang kemarin kita peringati. “Tunjukkan bahwa kita ini adalah orang-orang yang benar-benar ingin merdeka. Lebih baik hancur-lebur daripada tidak merdeka!” Tidak banyak yang tahu, selain menjadi orator ulung untuk membakar semangat masyarakat, Bung Tomo juga memanfaatkan kemampuan diplomasinya untuk melobi tentara Jepang. Kemampuan komunikasi jadi skill utama pahlawan nasional yang satu ini.

Yesus juga merupakan sosok yang melakukan berbagai hal menakjubkan melalui komunikasi-Nya. Ia paham bagaimana menyampaikan pengajaran yang mengandung kebenaran Allah agar bisa dicerna dengan baik oleh pendengarnya. Kepada orang Farisi di bacaan ini, Ia menjawab lewat storytelling. Tuturan cerita itu diakhiri dengan pemberian feedback dan afirmasi sehingga Simon bisa membuka sendiri pikirannya akan kebenaran mengenai pengampunan.

Bayangkan bagaimana jadinya jika Yesus justru membalas dengan mengkhotbahi Simon? Allah kita adalah Bapa yang bersedia berkomunikasi dan berdialog dengan anak-anak-Nya. Itulah salah satu kesaksian Alkitab tentang karya Allah. Dari berbagai cara-Nya berkomunikasi dengan manusia, kita belajar banyak hal yang bisa dipraktikkan untuk kebaikan hidup hari ini pula. (OLV)

BERKOMUNIKASILAH DENGAN PENUH HIKMAT UNTUK MEMBAWA TRANSFORMASI POSITIF DI LINGKUNGANMU.

 

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *