Mata Iman #431: PESIMISME

MATA IMAN #431
Kamis, 3 Juni 2021

Bacaan: Mazmur 43
Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! (ayat 5)

PESIMISME

Gelasnya setengah kosong, itu bedanya dengan optimisme yang melihat gelas setengah penuh. Pesimisme memandang segalanya buruk dan yang lebih parah sangat mungkin semakin buruk. Cenderung putus asa hingga meyakini pada akhirnya yang jahat yang akan menang. Dampaknya membuat kita berpikiran negatif, mati rasa atau apatis hingga merasa tertekan yang mengarah ke depresi dan dengan murung mengatakan “Whatever…” atau “Terserah lah…”

Hidup jadi orang benar, tapi kalah karena dicurangi, ditipu atau dijahatin. Kalau sudah begitu, buat apa tetap berlaku baik dan jujur?  Mau mengadu ke siapa lagi selain Tuhan? Persis seperti itulah pergumulan yang dialami Pemazmur dalam renungan kali ini. Hanya Tuhan yang bisa memulihkan jiwamu agar kembali penuh sukacita. Jadi, bangunlah kembali mezbah pribadimu lewat saat teduh dan doa setiap hari. Jangan tergoda untuk ikut-ikutan cara yang salah, pertahankan integritas dan biarkan Tuhan yang bekerja menghadirkan kebenaran dan keadilan bagimu.

Sudah lama berhenti berdoa karena belum juga ada hasilnya? Coba introspeksi, masihkah engkau juga terus berupaya dan tetap hidup dalam kebenaran? Jika ya, bersabarlah, karena Tuhan sedang mendewasakanmu agar imanmu bertumbuh melalui berbagai kesulitan hidup. Jangan kalah, menyerah dan rebah. Ayo bangkit, tetap berdoa dan terus lakukan yang baik. Kalahkan pesimisme dengan pengharapan bahwa pertolongan Tuhan pasti datang, Ia yang akan membelamu dan menjadi jawaban untukmu. (YOD)

==

Ingat akan nama Yesus, kau yang susah dan sedih; Nama itu menghiburmu, k’mana saja kau pergi.
(KJ 344)

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir

Whatsapp by wa.me/+6281388901368

————
Instrumental: https://youtu.be/zgdBTzwRZS8

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *