Mata Iman #432: BULI-BULI PUALAM

MATA IMAN #432
Jumat, 4 Juni 2021

Bacaan: Yohanes 12:1-8
Nas: Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani,  sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. (ayat 2)

BULI-BULI PUALAM

Tahukah Sobat Cengkir, di masa lalu, sebuah keluarga Yahudi secara umum memberikan hadiah buli-buli pualam kepada seorang remaja perempuan, sebagai pertanda ia telah siap menikah? Sang gadis akan menyimpannya baik-baik, dan ketika hari lamarannya tiba, ia memecahkan buli-buli pualam itu di kaki calon suaminya, membasahi kaki laki-laki itu dengan minyak mahal yang ada di dalam buli-buli sebagai bentuk penghormatan.

Buli-buli pualam dengan minyak di dalamnya, tentu jadi harta yang sangat berharga bagi perempuan Yahudi saat itu, termasuk Maria. Saat membaca kisah ini, siapa yang diam-diam setuju dengan pendapat Yudas? Nah, kita perlu mengingat lagi sejarah relasi Yesus dan Maria, yang tentu tak lepas dari karya yang Ia telah lakukan bagi Lazarus saudara Maria. Coba kita pikirkan lagi – berapa besar kita akan “membayar” untuk sebuah kebangkitan?

Maria sadar bahwa kesempatan untuk mengungkapkan pengabdian kepada Yesus segera akan berakhir, karena itu dia memanfaatkan kesempatan yang tersedia. Bagaimana dengan kita hari ini, sanggupkah kita ‘memecahkan’ harta yang kita anggap paling berharga, yang kita simpan erat selama ini, di kaki Yesus? Seperti minyak dalam buli-buli yang akhirnya mengalir keluar, sudahkah hidup kita mengalirkan berkat? (OLV)

*You can give without loving, but you can’t love without giving
*
-Victor Hugo

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir

Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *