Mata Iman #407: KEMURAHAN HATI

MATA IMAN #407
Senin 10 Mei 2021

Bacaan: 2 Korintus 8:1-15
Nas: Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka. (ay 3).

KEMURAHAN HATI

Kemurahan hati adalah hasrat yang didorong oleh belas kasihan untuk mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan. Kemurahan hati adalah ekspresi dari hati yang mengasihi liyan. Syarat untuk bermurah hati tidak harus menunggu kaya atau berlebih terlebih dahulu, karena prinsip pentingnya adalah memberi berdasarkan apa yang kita punya, bukan berdasarkan apa yang kita tidak punya. Yang diperlukan hanya hati yang mau memberi.

Jemaat di Makedonia membuktikan hal ini. Mereka bermurah hati di tengah kekurangan mereka. Mereka memberi menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka. Kuncinya mereka mempunyai hati yang rindu untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus. Tindakan jemaat Makedonia ini diawali dengan kesadaran akan kasih karunia yang tak terhingga dari Allah. Kemurahan hati mereka karena digerakkan oleh Roh Kudus.

Membangun kesadaran bahwa setiap hal yang kita punya adalah pemberian Allah, merupakan awal untuk bisa bermurah hati. Membiasakan diri bermurah hati adalah upaya untuk semakin berbuah di dalam Kristus dengan tindakan kasih. Kesadaran bahwa Allah yang akan memelihara dan mencukupkan kebutuhan kita akan mempermudah kita untuk mengulurkan tangan bagi sesama yang menderita dan membutuhkan pertolongan dari kita. Di masa pandemi ini tentu di sekitar kita banyak orang yang terdampak. Marilah kita mewujudkan kasih Kristus bagi mereka. (ENO)

MURAH HATI TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN ISI DOMPET MELAINKAN BERHUBUNGAN DENGAN ISI HATI.

 

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34