Mata Iman #359: YUSUF, SANG AYAH

MATA IMAN #359
Jumat 19 Maret 2021

Bacaan: Matius 1:18-25
Nas: Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. (ayat 24a)

YUSUF, SANG AYAH

Beberapa waktu lalu, aktor Okan Kornelius diundang ke channel Youtube Melaney Ricardo. Sambil berlinang air mata, ia bercerita mengenai kerinduannya pada sang anak, yang kini hidup jauh darinya. Telah setahun mereka tidak bertemu, akibat tragedi keluarga yang membuat anak itu trauma dengan rumah Okan, ditambah pandemi COVID19. Demi terkoneksi dengan sang anak, Okan mencoba segala cara – dari merenovasi rumahnya agar 100% berbeda dari rumah lama, mengirimkan hadiah, hingga belajar main game online agar bisa berjumpa dengan anaknya di permainan tersebut.

Dalam bacaan hari ini, kita mengenang lagi sesosok ayah yang cukup dikenal dalam Akitab, yaitu Yusuf. Hari ini, 19 Maret, merupakan hari peringatan bagi sosok Yusuf, terutama dalam tradisi kawan-kawan Katolik. Ketika Yusuf tahu Maria hamil, ia sangatlah bergumul. Namun akhirnya berkat hikmat Tuhan, ia pun teguh menjadi salah satu sosok suami dan ayah paling dikenal sepanjang masa; sosok pria yang tidak menghilang begitu saja, tetapi konsisten menjalankan peran dan tanggung jawabnya sehingga kini Yusuf menjadi patron untuk pria pencari nafkah.

Dari kedua kisah ilustrasi tersebut, kita belajar bahwa seorang ayah sejati tidak akan pernah meninggalkan panggilannya, meski situasi hidup sungguh tak mudah. Demikian juga dengan ‘Ayah’ kita semua, Bapa kita yang di sorga, Ia tidak pernah meninggalkan kita dan selalu berusaha mencari dan meraih kita di sela himpitan kehidupan ini. Sudahkah kita peka akan kehadiranNya? (OLV)

Our heavenly Father understands our disappointment, suffering, pain, fear, and doubt. He is always there to encourage our hearts and help us understand that He’s sufficient for all of our needs. When I accepted this as an absolute truth in my life, I found that my worrying stopped.
-Charles Stanley

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

Referensi https://youtu.be/-0BuQJjmPeg

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *