Mata Iman #360: Agama, Akankah Menjadi Dongeng?

MATA IMAN #360
Sabtu 20 Maret 2021

Ayat bacaan: Ulangan 6:4-12
Nas: maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. (ayat 12)

Agama, Akankah Menjadi Dongeng?

Sabtu 20 Maret 2021 merupakan hari dongeng sedunia. Menurut kamus Merriam Webster, dongeng adalah sebuah cerita (untuk anak-anak) yang melibatkan kekuatan dan makhluk fantastis (seperti peri, penyihir, dan goblin).

Saat ini, sebagian besar masyarakat di wilayah Eropa menganggap agama sebagai dongeng dan meninggalkannya. Sedikit banyak mereka mendefinisikan diri sebagai atheis, agnostik, atau Spiritual – but – not – religious (SBNR). Tak dapat dipungkiri, ajaran gereja Eropa, yang mengekang, kaku, tidak memberikan solusi bagi kondisi masyarakat, bahkan mendukung penjajahan di masa lalu, menjadi penyebabnya.

Kitab Ulangan berisi amanat perpisahan Musa yang mengingatkan kembali perjanjian Allah kepada bangsa Israel. Allah, melalui Musa, mengingatkan umat-Nya, akan pembebasan yang telah terjadi.

Hal ini pun perlu dimaknai ulang oleh kita, pembebasan manusia akan dosa, melalui karya kasih Kristus. Seharusnyalah kita, sebagai umat Allah, memaknai kasih-Nya sebagai realita, bukan sekadar dongeng nenek moyang.

Fenomena anak muda yang beralih menjadi agnostik, atheis, atau SBNR pun kerap saya lihat. Saya berharap tentunya kekristenan, sebagai sebuah ajaran dan komunitas yang mengikut Yesus tidak dianggap sebagai dongeng layaknya di Eropa. Hal ini menjadi sebuah tugas bersama bagi kita, untuk menceritakan kasih-Nya yang membebaskan manusia dalam beragam pergumulan hidupnya. (AS)

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” (Markus 16:15)

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *