Mata Iman #315: ‘Ohana

MATA IMAN # 315
Rabu, 3 Februari 2021

Bacaan: Ibrani 13:1-3
Nas : Peliharalah kasih persaudaraan! (ayat 1)

‘OHANA

Minggu malam, usai menonton film Finding ‘Ohana, ingatan saya melayang kepada pertemuan di Zoom sehari sebelumnya, saat bergabung dalam acara “Merangkai Kisah, Menjalin Silaturahmi”. Saya dikejutkan dengan kehadiran 3 mantan penatua wanita yang sudah sangat lama tak bersua. Sungguh bersyukur berkesempatan menatap kembali wajah, sekaligus mendengar suara mereka. Bagi saya, penggagas acara tersebut juga berhasil menghadirkan ‘ohana, yang dalam bahasa Hawai memiliki arti “keluarga”, namun tidak terbatas hanya pada ikatan darah belaka…

Menurut buku “Sejarah Kerajaan Allah” karya Prof. Dr. J.H. Bavinck, surat Ibrani adalah satu-satunya surat dalam Perjanjian Baru yang sama sekali tidak kita ketahui siapa penulisnya. Surat tersebut ditujukan kepada orang-orang Ibrani, yakni orang Kristen Yahudi, dengan tujuan agar mereka tetap mengutamakan Kristus dan pengajaran-Nya, walaupun saat itu mereka berada dalam masa sulit akibat penganiayaan. Iman kepada Kristus harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Pandemi Covid-19 memang membuat jarak fisik, namun tidak menghalangi untuk tetap bisa bersosialisasi walau hanya secara virtual, karena manusia adalah makhluk sosial. Tetap bisa menghadirkan ‘ohana, dengan cara memelihara komunikasi dan terus mengasah empati. Karena sejatinya, sebagai anggota tubuh Kristus, tak ada satu pun yang ditinggalkan atau dilupakan. (SLS)

KASIH PERSAUDARAAN DI DALAM KRISTUS ADALAH SALAH SATU PERWUJUDAN IMAN

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *