Mata Iman #251: Torang Samua Basudara

MATA IMAN #251
Selasa, 1 Desember 2020

Bacaan: Kolose 4:5-15
Nas: Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. (ayat 5)

TORANG SAMUA BASUDARA

Manado adalah salah satu kota yang sangat menjunjung tinggi kerukunan dan menerima keberagaman. Semboyan “Torang Samua Basudara” tidak hanya diucapkan tetapi sungguh-sungguh diwujudkan. Ketika umat Islam merayakan Idul Fitri, para anggota masyarakat yang non muslim juga turut menjaga keamanan dan kelancaran sholat Idul Fitri. Jika umat Kristen merayakan Natal, umat Islam juga turut serta menjaga keamanan.

Dalam suratnya kepada jemaat di Kolose, Paulus menghabiskan hampir seluruh bagian penutup yang terdapat pada pasal keempat, untuk menyebutkan satu per satu nama para pengikut Tuhan. Ada Tikhikus dari Asia kecil (ayat 7), dan si budak pelarian Onesimus, yang menjadi pengikut Kristus saat berjumpa dengan Paulus di penjara (ayat 9). Ada orang-orang percaya berkebangsaan Yahudi yaitu Aristarkhus, Markus, dan Yustus (ayat 10-11). Ada pula pengikut Kristus yang bukan orang Yahudi yaitu Epafras, tabib Lukas, dan Demas (ayat 12-14). Ada juga Nimfa, yang menyediakan rumahnya untuk dijadikan tempat berkumpulnya jemaat (ayat 15). Orang-orang tersebut sangat besar artinya bagi Paulus dan pelayanannya. Nama-nama mereka menunjukkan keanekaragaman. Berbagai kelompok sosial biasanya mencari anggota baru yang sama seperti mereka, namun tidak demikian dengan gereja milik Allah. Allah memilih orang-orang pilihan-Nya dari berbagai bangsa, budaya, dan status sosial.

Kita adalah orang-orang yang sungguh beruntung karena hidup di dalam masyarakat yang majemuk. Kita perlu terus berkomitmen untuk mengasihi setiap orang, termasuk kepada orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Marilah kita hidup bersama untuk bekerjasama, bukan untuk memberi stigma. (PNA)

Hidup ini bukan untuk mempersoalkan perbedaan, tetapi saling melengkapi kekurangan.

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *