Mata Iman #189: Manjadi Surat Kristus

MATA IMAN # 189

Bacaan: 2 Korintus 3:1-6
Nas : Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia (ayat 3)

MENJADI SURAT KRISTUS

Meskipun Jakob Oetama adalah Kompas dan Kompas adalah Jakob Oetama, namun ketika Beliau berpulang kepada Sang Pencipta, bukan hanya karyawan “KOMPAS” yang berduka. Bangsa ini juga. Karena kehilangan sosok yang sangat menghargai eksistensi manusia. Prof. Dr. Azyumardi Azra, seorang cendekiawan muslim menulis demikian: “Jakob Oetama humanis sejati yang mencintai kebangsaan-keindonesiaan. Humanisme almarhum melintasi batas-batas suku bangsa, tradisi sosiokulltural, dan agama.”

Mereka yang tidak menyukai Paulus, mencari-cari persoalan dengan mempertanyakan keabsahan kerasulannya. Bahkan ada yang menantang Paulus agar membuat surat, yang bisa kita artikan semacam rekomendasi. Paulus menjawab, bahwa baginya, jemaat Korintus-lah yang menjadi surat itu. Buah-buah pelayanan yang bisa dibaca oleh orang lain, karena ditulis di dalam hati manusia oleh Roh Allah yang hidup. Bukan sekedar ditulis di atas kertas oleh tinta yang bisa pudar.

Kita semua sejatinya juga surat-surat Kristus. Seperti Jakob Oetama, hidup kita pun dibaca oleh sesama kita. Bukan semata tentang prestasi duniawi belaka, namun justru terkait relasi kita dengan Allah dan manusia. Menjadi surat Kristus bukan berarti harus mampu melakukan segalanya. Namun merupakan sebuah proses yang tak akan pernah usai, hingga kita berpulang kepada Sang Pemilik Kehidupan. (SLS)

HIDUPMU KITAB TERBUKA DIBACA SESAMAMU. APAKAH TIAP PEMBACANYA MELIHAT YESUS DALAMMU
( NKB 204 )

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34