Mata Iman #148: Dipanggil Keluar

MATA IMAN #148

Bacaan: 1 Petrus 2:1-10

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (ayat 9)

DIPANGGIL KELUAR

Masa pandemi menyadarkan kita bahwa gereja bukan hanya gedung, tapi kumpulan orang yang terpanggil. Seperti definisi dari ekklesia yang bermakna, kita dibawa keluar dari cara hidup dunia dan disucikan dari dosa hingga semakin bertumbuh secara rohani. Kisah Allah membebaskan Israel keluar dari Mesir merupakan gambaran Yesus memimpin kehidupan kita. Dari perbudakan menuju Tanah Perjanjian.

Ayat renungan kali ini merupakan pengingat akan panggilan Tuhan bagi kita. Kita dahulu berdosa dan telah dikuduskan, menjadi umat pilihan milikNya dengan suatu maksud, agar menjadi ekklesia terpanggil keluar dari dosa kepada terangNya yang ajaib, supaya menjadi terang dan bersaksi.

Dulu, selama Sepuluh Tulah, tercatat tiga kali Firaun, yang melambangkan iblis, memberikan tawaran. Pertama, silakan beribadah dan mempersembahkan korban, tapi tinggal di Mesir; kedua, boleh pergi keluar tapi jangan jauh-jauh, nanti kembali lagi (Keluaran 8:25-32); dan ketiga, yang pergi keluar hanya laki-laki saja, keluarganya ditinggal (Keluaran 10:8-11). Iblis menipu kita dengan pandangan: beribadah iya, buat dosa juga; atau bolak-balik jatuh-bangun antara dosa dan tobat, kadang jadi rohani kadang jadi rohaye, alias menuruti roh aye, atau sifat daging. Atau dengan sikap egosentris, “Saya sudah diselamatkan, ya cukup saya saja, anggota keluarga lain? Malas deh bersaksi, saya belum sanggup jadi teladan. Ga mau terlalu fanatik ah…” Kini, marilah kita mulai berkomitmen, dan bersama menyambut panggilanNya menjadi imamat yang rajani. (YOD)

==

Gereja adalah sebuah institusi yang eksis untuk mereka yang ada di luarnya. (William Tyndale)

==

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *