Mata Iman #111: Belajar Terus

MATA IMAN #111

Bacaan: Titus 3:8-14
Nas: Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah (ayat 14).

BELAJAR TERUS

Ucok–salah satu dari lima penghuni SLB Panti Asih di Pakem, Sleman, DIY–selalu bersemangat setiap kali ada tamu yang berkunjung. Pada salah satu kunjungan, saya bertanya, “Ucok kalau di sekolah ngapain aja?” Lalu ia berkata: “Ucok belajar. Ucok belajar terus!” Sebuah jawaban yang penuh antusias sekalipun usianya sudah tidak muda, dan dengan kondisi dirinya tentu tidak banyak yang dapat dipelajarinya di sekolah.

Surat kepada Titus berisi petunjuk dan nasihat bagi para pemimpin jemaat agar beriman yang teguh, memegang ajaran yang sehat dan menjadi teladan. Salah satu keteladanan yang perlu diwujudkan yaitu senantiasa belajar. Termasuk belajar untuk melakukan pekerjaan yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup yang pokok.

Sekalipun pandemi Covid-19 memporak-porandakan hidup kita, ternyata juga memberikan kesempatan untuk belajar. Tiba-tiba banyak dari kita yang mulai belajar dislipin menjaga kesehatan, belajar memasak sendiri, belajar mencukur rambut sendiri, dan belajar berjualan secara online, baik untuk alasan mengisi waktu maupun karena memang tuntutan hidup. Tiba-tiba banyak gereja mulai belajar membuat ibadah, kegiatan dan pertemuan secara online.

Bisa jadi pada saat ini, Tuhan memang sedang menginginkan kita semua untuk belajar lagi menjadi umat yang lebih baik dan tangguh, seperti Ucok yang terus belajar. (SDN)

Mari kita belajar terus karena pada hakikatnya hidup adalah sebuah proses pembelajaran tiada henti.
———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *