Mata Iman #42: Pay It Forward

MATA IMAN #42

Bacaan: Matius 22:36-40

Nas: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan
segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu
manusia seperti dirimu sendiri”. (ayat 37b dan 39b)

PAY IT FORWARD

Salah satu novel yang sering saya baca ulang adalah “Pay It Forward’ karya Catherine Ryan Hyde, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Rangkaian Kebaikan”. Trevor, seorang bocah berusia 12 tahun mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah proyek yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. Trevor melaksanakannya dengan membuat proyek bernama “Pay It Forward”. Ia berbuat baik kepada tiga orang, dan masing-masing yang menerima kebaikan itu harus melakukannya kepada tiga orang lainnya; demikian seterusnya sehingga kebaikan tersebar luas. Namun rangkaian kebaikan itu tidak berlangsung mulus. Bahkan Trevor beranggapan bahwa proyeknya tersebut gagal, walaupun nyatanya tidak demikian. Saat Trevor meninggal, banyak orang yang mendatangi rumahnya membawa lilin dan bunga sebagai tanda cinta kepadanya.

Yesus merumuskan hukum cinta kasih dan meminta kita untuk melakukannya. Yaitu mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi, serta mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri. Yesus merumuskannya dengan lugas, yaitu mengasihi Tuhan tanpa tergantung situasi dan kondisi, serta mengasihi manusia tanpa membeda-bedakan berdasar alasan apa pun.

Saat ini kita masih berada dalam situasi dan kondisi yang serba tidak pasti. Namun, hukum cinta kasih tetap berlaku. Seperti Yesus Kristus tetap mengasihi dunia ini, kita pun diminta untuk tetap mengasihi-Nya dan mengasihi sesama
manusia. Marilah tetap melakukan kebaikan tanpa mengharap balasan. Semoga yang menerima kebaikan kita, juga melakukannya bagi orang lain. Sehingga rangkaian kebaikan berdasarkan hukum cinta kasih itu tersebar luas, mengalahkan Covid-19. (SLS)

MELAKUKAN KEBAIKAN ADALAH PERWUJUDAN HUKUM CINTA KASIH YANG DIAJARKAN OLEH TUHAN!

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *