Mata Iman #41: Beradaptasi

MATA IMAN #41

Bacaan: Yohanes 12: 35 – 36

Nas: Yohanes 12: 35
Kata Yesus kepada mereka: “Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

BERADAPTASI

Setiap malam saya selalu tidur dalam keadaan lampu dimatikan karena kebiasaan ini sudah berlangsung sekian lama. Saya bahkan sering berjalan ke kamar mandi dengan mengandalkan sedikit cahaya dari jendela kamar. Beberapa hari yang lalu, saya terbangun karena kedinginan dan perlu mengambil baju hangat dari dalam lemari. Kegiatan ini pun saya lakukan tanpa menyalakan lampu. Pikiran menggiring kejadian sederhana ini kepada keadaan yang saat ini sedang dilewati. Sebenarnya hanya dalam teranglah, manusia bisa melihat dan memiliki kepercayaan diri untuk melangkahkan kaki. Dalam gelap, kita hanya bisa meraba, gamang dan ragu.

Yesus mengatakan kepada orang-orang Yahudi bahwa hanya sedikit waktu lagi bagi mereka untuk memasuki hakikat Terang-Nya, kalau mereka mau. Yesus adalah Sang Terang itu sendiri. Setiap orang yang percaya kepada Nya menjadi anak-anak terang sehingga tidak lagi dikuasai oleh kegelapan. Ketika kita berjalan dalam terang Tuhan, kita bisa menemukan kepastian arah dalam melangkah.

Di awal work from home, banyak orang gamang beradaptasi dengan situasi yang baru. Bekerja dari rumah mengubah rutinitas, ritme dan pola hidup. Namun seiring berjalannya waktu, perlahan semuanya menjadi normal yang baru. Seperti mata yang beradaptasi dalam gelap, kita pun beradaptasi dengan hidup yang seperti sedang berjalan di dalam gelap. Walaupun ujungnya belum lagi terlihat, namun kita memiliki kepercayaan untuk terus melangkah karena kita berjalan bersama Sang Terang. (MHA)

WALAU REMANG-REMANG DI HADAPAN KITA, NAMUN LANGKAHKU TETAP BERSAMA YESUS, SANG TERANG ITU

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *