Mata Iman #37: Rumahku Gerejaku

MATA IMAN #37

Bacaan: Kolose 3:23-25

Nas: Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia (ayat 23)

RUMAHKU GEREJAKU

Sudah sebulan lebih #diRumahAja. Apakah yang Sobat Cengkir rasakan? Apakah sudah mulai beradaptasi dengan “The New Normal”? Seorang teman beberapa waktu lalu menghubungi saya lewat chat WA untuk berkeluh-kesah soal kondisinya; meski banyak mengeluh soal kantornya, saya dapati ia menghubungi saya sambil lembur menyelesaikan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Saya melirik sepenggal kalimat unik di status WA-nya: Ad Maiorem Dei Gloriam. Setelah di-Google, ternyata artinya: “Untuk keagungan Allah yang lebih besar.” Mungkinkah itu yang membuatnya bertahan di pekerjaan yang tidak terlalu ia sukai?

Tanpa sadar, kita sering memisahkan antara “per-gawe-an duniawi” dengan pelayanan gerejawi. Paulus dalam bacaan hari ini mengingatkan jemaat di Kolose dan kita saat ini bahwa segala tindakan yang diperbuat, baik pekerjaan dan pelayanan gerejawi, semuanya tertuju kepada Tuhan. Kita harus bekerja dengan penghayatan bahwa Allah juga menjadi atasan dalam setiap pekerjaan kita. Begitupun dalam pelayanan, kita menghayati bahwa sikap profesionalitas juga diperlukan di dalamnya. Dengan demikian, memberi batasan “rohani” dan “non-rohani” di kehidupan kita tidak lagi relevan.

Momen WFH sesungguhnya latihan yang tepat untuk prinsip ini – karena WFH di satu sisi, ironisnya, telah membuat hidup kita “tak berbatas”. Rumah kita adalah kantor kita, gym kita, mall kita, tongkrongan kita, dan juga… gereja kita. Bisakah kita membuka segala aspek kehidupan kita menjadi sebuah ibadah di muka Tuhan? Apakah dari ponsel yang sama kita ikut PA online, tapi juga julid di akun media sosial seseorang? Apakah dari tablet/laptop yang sama kita streaming Ibadah Minggu, tapi juga menjalankan bisnis ilegal? Pandanglah sekeliling rumah kita dengan mata yang baru – inilah gereja kita sekarang. (OLV &AS)

SETIAP PAGI SAAT MEMBUKA MATA DI KAMAR, SESUNGGUHNYA KITA SEDANG MEMASUKI GEREJA KITA

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *