Mata Iman #38: Tentang Sebuah Awal

Mata Iman #38

Bacaan: Kejadian 39: 1-6a

Nas: Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya (ayat 2a)

TENTANG SEBUAH AWAL

Permulaan tidak melulu berbicara tentang momen antara detik terakhir di tanggal 31 Desember dan detik pertama di tanggal 1 Januari, kendati konsepnya selalu sama; menuju sesuatu yang baru. Kemarin, setiap pribadi juga diberi kesempatan untuk mengalami anugerah Tuhan dalam bentuk permulaan. Ketika April berhasil ditutup dan ketika langkah hidup menginjak bulan kelima tahun ini.

Permulaan terkadang menjadi hal yang hebat. Seakan dipenuhi dengan kelegaan tatkala berhasil meninggalkan masa lalu di belakang dan siap mengukir cerita baru dengan harapan, janji, dan visi baru. Faktanya, tidak ada hal yang menjamin permulaan akan selalu seperti itu. Permulaan bisa jadi hanya sebuah momen melepas sesuatu yang berharga dan masuk entah ke tahap mana yang tidak pernah menjanjikan kebahagiaan.

Namun fakta tidak akan sepahit itu bila kita memutuskan untuk berpegang teguh ketika menapakkan kaki di setiap lembah dan gunung di depan. Sama seperti Yusuf, Tuhan menyiapkan banyak sekali lembah dan gunung di dalam hidupnya. Awal hidup Yusuf di Mesir sebagai seorang budak, bukanlah awal yang penuh pengharapan. Tuhan juga tidak pernah berbicara langsung kepadanya seperti pada Abraham atau Musa. Namun, Ia setia menyertai Yusuf. Tuhan menjadi nyata di dalam hidup Yusuf melalui peristiwa hidup dan iman ketaatan Yusuf padaNya. Kisah Yusuf diawali dengan buruk, tetapi diakhiri dengan gilang-gemilang.

Ketika kita ditempatkan Tuhan di suatu awal, pilihlah untuk taat dan percaya. Ia menyertai seluruh perjalanan hidup kita dari awal sampai akhir. Pun percaya, bahwa ketika kita memilih untuk taat, kita akan melihat tujuan dan anugerahNya di dalam hidup kita. Sehingga ketika kita menoleh ke belakang, awal yang mungkin pahit dapat kita akhiri dengan senyum manis. (EJI)

Di tengah ketidakpastian akan masa depan, satu yang terus menemani perjalanan; penyertaan Tuhan.

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *