Mata Iman #953: MEMAKSA TUHAN ATAS NAMA IMAN

MATA IMAN #953
Senin, 7 November 2022

Bacaan: 1 Samuel 4:1b-11
Nas: Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita. (ayat 3b)

MEMAKSA TUHAN ATAS NAMA IMAN

Kesadaran kita tentang kedaulatan Tuhan kadang tidak dibarengi dengan kemampuan kita untuk melihat diri kita di hadapan Tuhan. Hal ini akan memunculkan pemahaman iman yang salah. Karena kita merasa bahwa Tuhan berada di pihak kita maka segala sesuatu akan berjalan lancar dan mulus. Masalahnya apakah kita juga di pihak Tuhan? Hal ini sering membuat orang percaya protes kepada Tuhan, mereka merasa Tuhan tidak membelanya atau tidak membuatnya berhasil. Memaksa Tuhan atas nama iman itu namanya.

Hal inilah yang terjadi pada umat Israel. Kekalahan yang dialami bangsa Israel melawan bangsa Filistin dengan tewasnya empat ribu pasukan Israel, memunculkan protes umat Israel. Mereka mempertanyakan alasan Tuhan mengapa membuat mereka kalah perang. Bahkan umat Israel yang merasa harus menang atas bangsa Filistin mendorong mereka memaksa Tuhan dengan menghadirkan secara paksa tabut perjanjian Tuhan di tengah mereka. Padahal membawa tabut perjanjian itu keluar dari Silo adalah kesalahan besar.

Sobat Cengkir, marilah kita sebagai orang percaya, belajar mempercayakan hidup kita kepada Tuhan, seturut dengan kehendak-Nya bukan dengan memaksakan kemauan kita. Tuhan itu Mahakuasa dan berdaulat, bukan asisten pribadi kita yang harus melayani keinginan kita. Dengan cara mempelajari kebenaran Tuhan, maka kita akan semakin mengerti kehendak-Nya. Jika kita memiliki pengertian tentang hidup yang benar, maka kita akan terhindar dari kesesatan iman. (ENO)

KETIKA KITA TIDAK MAU MENGERTI KEBENARAN TUHAN, TETAPI HANYA MAU DIMENGERTI OLEH TUHAN, MAKA KESESATAN IMAN YANG AKAN TERJADI.


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34