Mata Iman #906: GELAP DAN TERANG

MATA IMAN #906
Rabu, 21 September 2022

Bacaan: Yohanes 8:12-19
Nas : Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (ayat 12)

GELAP DAN TERANG

Dalam peristiwa kecelakaan maut beruntun di Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, seorang saksi korban mengungkapkan bahwa dia melihat kabut asap yang sangat pekat, dan sempat berpikir seperti kiamat. Kondisinya gelap gulita, sehingga ia pun menyusul menabrak mobil di depannya.

Gelap selalu dikontraskan dengan terang. Dalam Kitab Kejadian disebutkan bahwa Allah menjadikan terang, lalu memisahkannya dari gelap. Bacaan kita kali ini pun diawali dengan sabda Yesus bahwa Dia adalah Terang Dunia, yang diucapkan dekat perbendaharaan dalam Bait Allah, setelah peristiwa seorang perempuan yang berzinah (Yohanes 8:1-11). Namun kaum Farisi menganggap bahwa Yesus bersaksi tentang diri-Nya, dan kesaksian tersebut tidak benar. Sikap ini menjadi contoh nyata tentang manusia yang menolak jalan kebenaran yang diberikan oleh Sang Terang. Mereka menguasai hukum Taurat dan berbagai peraturan, namun mereka arogan dan menolak kebenaran Firman Tuhan. Sehingga segala keputusan yang mereka ambil berorientasi kepada kebencian belaka. Tidak ada belas kasih dan pengampunan.

Sobat Cengkir, sikap kaum Farisi bisa menjadi pengingat untuk mengintrospeksi diri. Mungkin tanpa kita sadari, kita pun sedang berkubang dalam lingkaran kegelapan. Merasa mengenal dan mencintai Tuhan, namun enggan meletakkan langkah kita di belakang-Nya bahkan menolak Sang Terang itu menuntun hidup kita, karena bersikeras mempertahankan ego diri. Marilah berbalik lagi. Tuhan Yesus menanti. (SLS)

DALAM DIA ADA HIDUP DAN HIDUP ITU ADALAH TERANG MANUSIA. (Yohanes 1:4)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *