Mata Iman #868: YESUS MEMBAWA PERTENTANGAN

MATA IMAN #868
Minggu, 14 Agustus 2022

Bacaan: Lukas 12:49-56
Nas : Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan. (ayat 51b)

YESUS MEMBAWA PERTENTANGAN

Isi Alkitab itu beragam. Antara lain ada sejarah, nubuat, puisi dan surat. Isi gado-gado juga beragam, dan kita bisa memilih tanpa telur atau kacang panjang. Namun terkait Alkitab, kita tidak bisa memilih bagian Firman Tuhan yang hanya membuat nyaman dan senang. Salah satu contohnya adalah tema kali ini, “Yesus Membawa Pertentangan”. Selama ini yang kita pahami adalah bahwa Yesus itu Raja Damai. Mungkinkah damai bersanding dengan pertentangan?

Yesus berbicara tentang krisis yang betul-betul menimpa manusia sebagai akibat kedatangan-Nya ke dunia. Masa krisis yang mengandung pilihan, apakah manusia mengakui Dia sebagai Tuhan atau justru menolak-Nya. Karena mengandung pilihan, maka konsekuensinya adalah munculnya pertentangan di antara manusia, yang bisa saja dimulai dari komunitas paling kecil, yaitu keluarga. Yang menerima Yesus dikategorikan sebagai murid atau pengikut-Nya. Namun yang menolak Yesus berarti menentang pengajaran-Nya, membenci-Nya, sekaligus membenci dan menganiaya para pengikut-Nya. Bukankah ini berarti dua kubu yang bertentangan?

Sobat Cengkir, kita diingatkan kembali untuk tetap menjaga iman kepada Tuhan Yesus dan setia hingga akhir. Yesus adalah Raja Damai, namun bukan sekadar damai dalam artian nyaman ala pikiran manusia, yaitu bebas dari persoalan dan kerumitan hidup. Dalam damai sejahtera Kristus, ada kebenaran dan keadilan yang harus terus menerus diupayakan dan dihidupi. Bukan semata demi kenyamanan diri sendiri. (SLS)

KAMU AKAN DIBENCI SEMUA ORANG OLEH KARENA NAMA-KU. TETAPI ORANG YANG BERTAHAN SAMPAI PADA KESUDAHANNYA IA AKAN SELAMAT. (Markus 13:13)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34