Mata Iman #869: DRAMA DUREN TIGA

MATA IMAN #869
Senin, 15 Agustus 2022

Bacaan: Yosua 19:49-51
Nas: Itulah milik pusaka yang diperundikan di antara suku-suku orang Israel di Silo oleh imam Eleazar, oleh Yosua bin Nun dan oleh para kepala kaum keluarga di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan. Demikianlah diselesaikan mereka pembagian negeri itu. (ayat 51).

DRAMA DUREN TIGA

Peristiwa terbunuhnya Brigadir Yosua karena tembakan yang dilakukan oleh Bharada Eliezer atas perintah atasannya, menjadi trending topik di media sosial. Penuh drama yang menyertainya, sehingga media memberi judul “Drama Duren Tiga.” Kejadian ini sempat “diskenariokan” sebagai peristiwa tembak menembak antara Brigadir Yosua dengan Bharada Eliezer. Keluarga Yosua menuntut keadilan atas meninggalnya korban. Bahkan Presiden Jokowi meminta kepada Kapolri untuk transparan karena masyarakat berharap agar tim khusus yang dibentuk Kapolri berlaku seadil-adilnya dalam mengungkapkan kasus ini. Apakah keadilan akan terwujud? Kita hanya bisa menunggu dan melihat keadilan macam apa yang akan disajikan.

Di dalam bacaan pada hari ini, ada dua nama yang disebutkan yaitu Yosua dan Eleazar. Yosua bin Nun adalah pemimpin bangsa Israel yang menggantikan Musa untuk membawa umat Israel masuk ke negeri perjanjian. Sedangkan Eleazar adalah anak Harun yang menjadi imam. Mereka berdua berada di Silo untuk merampungkan pembagian tanah pusaka bagi suku-suku dari bangsa Israel. Mereka bertindak adil bersama dengan kepala kaum keluarga di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan.

Kedua kisah di atas dapat memberi pelajaran kepada kita, bahwa manusia cenderung subjektif untuk bertindak sehingga kadang tidak bisa berlaku adil. Oleh karena itu, kita harus meminta pertolongan Tuhan untuk melaksanakan hal-hal yang menuntut keadilan. Kita berharap agar setiap pihak yang terlibat dalam penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pemberian vonis hukuman juga memohon hikmat Tuhan untuk menyelesaikan kasus di atas. Marilah kita mendoakan agar terjadilah keadilan yang bersumber dari Tuhan. (ENO)

ANDA DAPAT HIDUP TANPA KEBAIKAN, TETAPI ANDA TIDAK DAPAT HIDUP TANPA KEADILAN. (Unknown)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *