Mata Iman #820: GITU AJA KOQ MARAH

MATA IMAN #820
Senin, 27 Juni 2022

Bacaan: 1 Korintus 13:4-13
Nas: Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. (ayat 5b).

GITU AJA KOQ MARAH

Menurut cerita para penangkap kepiting, bahwa untuk menangkap kepiting sebetulnya relatif mudah. Jika kepiting diganggu dengan sebilah galah, maka kepiting akan marah. Kemarahannya dilampiaskan dengan menjepit galah dengan cangkangnya. Maka tinggal ditarik, dan tertangkaplah kepiting tersebut. Begitulah, kemarahan akan menjerat manusia ke hal-hal yang buruk.

Tuhan tahu bahwa kemarahan itu sangat merusak, maka Dia memperingatkan kita akan bahaya kemarahan. Manusia dianugerahi akal budi, maka seharusnya bisa mengendalikan emosi tatkala ada yang memicu kemarahannya. Kuncinya adalah kasih. Setiap orang percaya harus menggunakan kasih sebagai motor untuk menggerakkan hidupnya tatkala berelasi dengan orang lain. Salah satu wujud kasih adalah tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Memang tidaklah gampang untuk mengendalikan emosi. Menata emosi perlu dilatih. Pengendalian ini dapat menghindarkan dari kemarahan yang tidak perlu. Kemarahan akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Tatkala kemarahan memuncak, maka kerja jantung terpacu dan akan berubah tidak normal, kadang ditandai dengan sesak di dada. Bisa juga keluar perkataan yang menyakitkan buat orang lain. Allah sudah mengajarkan pengampunan dengan mengampuni kita, umat yang dikasihi-Nya. Kita manusia berdosa mempunyai kecenderungan gampang marah, maka sebaiknya mohon pertolongan Roh Kudus untuk bersabar dan sanggup mengendalikan emosi. Dengan demikian akan baik bagi kita maupun bagi orang lain. (ENO)

APABILA KAMU MENJADI MARAH, JANGANLAH KAMU BERBUAT DOSA; JANGANLAH MATAHARI TERBENAM, SEBELUM PADAM AMARAHMU. (Efesus 4:26).


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *