Mata Iman #816: HATI KUDUS YESUS

MATA IMAN #816
Kamis, 23 Juni 2022

Bacaan: Yohanes 11:31-36
Nas: Maka menangislah Yesus. Kata orang-orang Yahudi: “Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!”(Ayat 35 dan 36)

HATI KUDUS YESUS

Dalam kalender liturgi gereja, “Hati Kudus Yesus” diperingati 19 hari setelah Pentakosta. Tentunya, Anda pernah melihat patung atau lukisan Yesus dengan hati merah memancarkan cahaya, dikelilingi oleh mahkota duri, dan tertusuk oleh tombak. Itulah gambaran mengenai Yesus yang disalib, dan hati-Nya yang mengasihi umat manusia. Alkitab mencatat beberapa kali Yesus melakukan mukjizat, seperti saat memberi makan 5.000 pria (belum termasuk para wanita dan anak-anak) dan menyembuhkan orang sakit (Matius 14:14 dan Markus 6:34). Tindakan-Nya itu diawali kata kunci “tergeraklah hati-Nya oleh belas kasih”.

Kisah Yesus membangkitkan Lazarus pun demikian. Bacaan pada saat ini menyebutkan bahwa Yesus melihat Maria (saudara dari Lazarus dan Marta) menangis, sehingga Yesus menjadi masygul — yakni bersusah hati, ikut merasakan kesedihan karena Ia berempati kepada yang berduka atau menderita. Maka menangislah Yesus. Sekarang, mari renungkan. Apa yang bisa membuatmu menangis? Karena kesedihan dan penderitaanmu sendiri, atau karena orang lain? Apa yang memotivasimu ketika ingin menolong orang lain?

Yesus menunjukkan hati-Nya yang penuh belas kasih. Semasa hidup-Nya sebagai manusia dan hingga sekarang, semua yang dilakukan-Nya adalah demi manusia, agar kita semua mengalami pemulihan hubungan dengan Bapa.
Kasih dan karya-Nya dinyatakan kepada dunia ini hingga puncaknya adalah pengorbanan-Nya untuk menebus kita yang berdosa. Setiap orang yang percaya kepada-Nya mempunyai tanggung jawab untuk semakin mengenal hati-Nya serta mewartakan kasih dan karya-Nya. Hati Kudus Yesus memberi teladan bagi kita agar senantiasa memahami dan menggunakan hati dan pikiran Kristus saat berinteraksi dengan sesama, sehingga setiap kebaikan yang kita kerjakan berdasarkan kasih karena Dia telah lebih dahulu mengasihi kita. (YOD) 

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. (Yohanes 15:12-13)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *