Mata Iman #761: SANG PENIRU ULUNG

MATA IMAN #761
Jumat, 29 April 2022

Bacaan: Kejadian 4:3-11
Nas: Firman TUHAN kepada Kain: “Di mana Habel, adikmu itu?” Jawabnya: “Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?” (ayat 9)

SANG PENIRU ULUNG

Siapa yang sedang mengikuti serial Moon Knight di Disney+ akhir-akhir ini? Saya dan pacar termasuk orang yang rutin menunggu episode barunya terbit tiap Rabu. Karakter utama Moon Knight, Marc Spector, adalah tentara bayaran yang bisa keji membunuh targetnya. Di episode ke-5, kita diajak untuk terjun lebih dalam ke alam pikiran Marc – yang ternyata, merupakan korban penyiksaan fisik dan verbal dari ibu kandungnya sendiri. Sang ibu berubah dari sosok penyayang menjadi bengis, karena ia menuding Marc lalai menjaga adiknya sehingga meninggal dalam kecelakaan. Caci-maki dan pukulan mengiringi masa kecil Marc, hingga ia tumbuh menjadi seorang pembunuh.

Kekerasan dalam keluarga juga terjadi dalam bacaan kita hari ini. Kain berdusta pada Allah setelah ia membunuh saudaranya. Membaca kisah ini rasanya dejavu, karena di Kejadian 3 orang tua Kain, yakni Adam dan Hawa, juga berbohong pada Allah mengenai dosa mereka.

Sesuai teori parenting yang kerap terdengar: Anak-anak adalah peniru ulung orang tuanya. Setiap saat, mata anak mengamati, telinganya mendengar, dan pikirannya mencerna apa pun yang Sobat Cengkir lakukan. Itu sebabnya, anak biasanya tumbuh menjadi sosok yang sangat mirip denganmu; bukan mirip secara fisik, tetapi karakter dan perilaku. Maka ini waktunya kita berhenti “mengkhotbahi” anak-anak kita mengenai hidup yang beriman dan berhikmat itu seperti apa – contohkan saja dalam tindak-tanduk sehari-hari, ia akan menyerapnya bagaikan spons! (OLV)

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu.”
-Amsal 22:6

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *