Mata Iman #760: HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

MATA IMAN #760
Kamis, 28 April 2022

Bacaan: 2 Korintus 4:1-6
Nas: Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. (Ayat 1a)

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

Kamis pekan lalu, seorang kawan membuat status Whatsapp, mengucapkan selamat Hari Kartini lalu mengutip ayat 2 Korintus 4:6
Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus. Semula, saya respons hanya dengan emoticon tertawa ­čśä, lalu menjadi perdebatan dan penjelasan mengenai beda arti dan konteksnya.

Ringkasnya, yang pertama adalah perjuangan emansipasi melalui pendidikan sebagai terang yang membawa keluar dari kegelapan, yakni tradisi dimana saat itu kaum perempuan dipingit dan hanya mengerjakan tugas di rumah. Sedangkan ayat tersebut, meski mencomot ungkapan seperti judul renungan ini, maknanya adalah kehadiran Kristus sebagai terang yang menebus manusia dari dosa, keluar dari kegelapan. Ia adalah terang dunia, dan oleh kemurahan Allah, kita pun terpanggil menjadi terang dunia.

Kehadiran terang memusnahkan kegelapan. Kita yang telah menjadi umat kepunyaan Allah, mendapatkan anugerah dan panggilan untuk menjadi terang di dalam dunia. Kita harus bersinar sebagai terang, bukan hanya di komunitas gereja atau persekutuan saja. Jadilah teladan lewat kehidupanmu, sehingga terang Kristus bisa dirasakan oleh dunia. (YOD)
==

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (1 Petrus 2:9)

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *