Mata Iman #750: SATU SIKON – DUA RESPONS

MATA IMAN #750
Senin, 18 April 2022

Bacaan: Lukas 23:39-43
Nas: Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” (ayat 42).

SATU SIKON – DUA RESPONS

Hidup ini tidak mudah, dan tidak akan khalis dengan masalah. Semua orang pada gilirannya akan dihampirinya. Sepatutnya kita belajar hidup berdampingan dengan masalah yang ada. Yang penting bukan masalahnya, tetapi respons terhadap situasi dan kondisi yang tidak enak itu yang lebih penting. Mungkin kita tertimpa masalah yang sama dengan orang lain, tetapi respons terhadapnya bisa berbeda, dan itu sangat menentukan apakah kita menjadi pemenang atau pecundang.

Demikian pula drama kemanusiaan yang telah terjadi di bukit Tengkorak, tempat di mana Yesus disalib. Yesus disalib bersama dengan dua penjahat. Mereka mengalami situasi dan kondisi yang sama, tetapi respons dari keduanya berbeda. Penjahat yang satu melecehkan Yesus, sedangkan yang lainnya menyadari kesalahan dan dosanya. Dia bertobat dan memohon kepada Yesus untuk mengingatnya ketika Yesus datang sebagai Raja. Yesus pun merespons dengan baik, dan Dia mengatakan bahwa pada hari itu juga penjahat ini pun akan bersama Yesus di Firdaus.

Bagaimanakah respons kita terhadap hidup yang telah diselamatkan oleh Sang Juruselamat? Kita bisa saja menolaknya. Akan tetapi respons yang tepat adalah menyambutnya. Sebagai manusia berdosa dan telah mendapatkan belas kasihan dan anugerah Tuhan berupa hidup yang kekal, selayaknyalah kita mengucap syukur dengan kerendahan hati dan mempergunakan sisa waktu hidup kita untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan-Nya kepada kita, sebagai orang percaya. (ENO)

LALU IA BERKATA: “SEBAB ITU TELAH KUKATAKAN KEPADAMU: TIDAK ADA SEORANG PUN DAPAT DATANG KEPADA-KU, KALAU BAPA TIDAK MENGARUNIAKANNYA KEPADANYA. (Yohanes 6:65).

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34