Mata Iman #714: BERARAK MENUJU HIDUP SEJATI

MATA IMAN #714
Minggu 13 Maret 2022

Bacaan: Filipi 3:17-4:1
Nas: Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih! (ayat 1)

BERARAK MENUJU HIDUP SEJATI

Seseorang pernah mengibratkan hidup ini seperti sepeda; jika kita berhenti menggowesnya, maka bisa dipastikan kita akan jatuh. Terus bergerak, terus maju, adalah kunci dari kehidupan. Hidup tanpa pergerakan adalah sebuah kemandegan, kemunduran, bahkan berakhir dengan ketiadaan. Demikian pula dengan gereja – sejak semula ia adalah sebuah komunitas pergerakan. Ketika masih menjadi movement, gereja begitu inspiratif. Namun kala gereja terjerumus untuk mengagungkan aspek institusinya, ternyata kita justru makin terbelah.

Dalam bacaan Surat Filipi hari ini, kita diingatkan untuk kembali berfokus pada hidup di masa kini, tanpa terjebak nostalgia masa lalu. Menatap ke depan, untuk terus bergerak menyongsong hari yang penuh pengharapan. Bukankah Kristus sendiri juga sosok yang tak pernah ragu atau segan bergerak maju meski dihadapkan pada tekanan institusi agama?

Allah menegaskan pada kita melalui perenungan hari ini, bahwa kehidupan iman akan diwarnai progresivitas, pergerakan yang menuju pada damai sejahtera sejati dari Tuhan yang melampaui stabilitas sosial-material dunia ini. Mari berarak kepada hidup yang sejati dengan menjadi umat Kristen yang mencintai tanpa takut kehilangan, beriman tanpa berharap jaminan kemapanan, dan mewartakan Injil Kerajaan Allah tanpa tergoda sanjungan kekuasaan dan status dominasi. (OLV)

Sebagai bagian dari gereja, kita dituntut untuk terus bergerak dan bermakna demi menuju kepenuhan Kristus.

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *