Mata Iman #712: CEMBURU

MATA IMAN #712
Jumat 11 Maret 2022

Bacaan: Bilangan 12
Nas: Kata mereka: “Sungguhkah TUHAN berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?” Dan kedengaranlah hal itu kepada TUHAN (ayat 2)

CEMBURU

“Dari antara daftar seven deadly sins, hanya cemburu yang tidak datang dengan diiringi rasa nikmat,” ujar Joseph Epstein dalam salah satu bukunya. Cemburu telah mengiringi sejarah hidup manusia – sejak kisah Kain dan Habel sampai tadi pagi, ketika kita melihat seseorang di jalan mengendarai mobil Lambo atau kemarin waktu mendengar teman yang “tidak belajar sama sekali” dapat nilai ujian lebih bagus dari kita yang begadang menghafal rumus.

Dalam bacaan kita hari ini pun, Harun dan Miryam bersikap cemburu pada Musa, saudara mereka sendiri. Akibat cemburu pada kedudukan Musa, Harun dan Miryam mencari gara-gara dengan mempermasalahkan status istri Musa yang berdarah Afrika. Padahal trio ini memegang peranan penting dalam membimbing bangsa Israel ke Tanah Terjanji. Padahal sejak awal trio ini kompak bahu-membahu membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Namun semua itu seakan lenyap ketika cemburu memasuki hati.

Pernahkah Anda dihadapkan pada sikap cemburu orang lain? Mari kita contoh Musa yang mengajak Harun dan Miryam untuk menyelesaikannya di hadapan Tuhan. Musa pun dengan lapang hati memohonkan ampun untuk para saudaranya, meski hal itu tidak menghapuskan hukuman Tuhan atas Miryam. Sikap cemburu tidak akan pernah berujung pada kebaikan; ingatlah ini tiap kala rasa cemburu mulai merasuki hatimu. Jika kamu menjadi ‘korban’ kecemburuan orang lain, ingat dua langkah yang dilakukan Musa: datang pada Tuhan dan mengampuni mereka. (OLV)

Cemburu bersifat destruktif. Jangan biarkan Sobat Cengkir dikuasai olehnya.

Note:
Cemburu atau envy merupakan salah satu dari 7 Deadly Sins, yang menjadi pembahasan khusus di Instagram @gkikelapacengkir selama Minggu Prapaskah ini. Jangan lupa follow untuk mendapatkan info selengkapnya!

 

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *