Mata Iman #627: AWAY IN A MANAGER

MATA IMAN #627
Kamis 16 Desember 2021

Bacaan: Lukas 2:6-14
Nas: dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. (ayat 7)

AWAY IN A MANGER

Judul renungan hari ini adalah lagu Natal yang cukup populer. Dari beberapa sumber, diyakini liriknya ditulis oleh Martin Luther sebagai puisi musikal. Kemudian dari Jerman diterjemahkan ke Inggris, ditambah melodi oleh William James Kirkpatrick, pada menjelang akhir abad 19 dengan judul “Luther’s Cradle Song”. Namun kalimat pertamanya-lah yang lebih mudah diingat dan dianggap sebagai judul ketika lagu ini terus diterjemahkan ke berbagai bahasa. Versi Indonesia-nya ada di Kidung Jemaat 102.

Lagu tersebut mengisahkan tentang Yesus yang baru lahir dan dibaringkan di palungan, setelah Yusuf dan Maria tidak mendapatkan rumah penginapan. Istilah kataluma lebih tepat diterjemahkan dengan ruang atas atau ruang tamu, daripada diterjemahkan dengan rumah penginapan. Si pemilik rumah berupaya untuk memberikan kenyamanan dalam kondisi darurat buat Maria yang akan melahirkan. Ketika ruangan atas sudah penuh dengan para tamu, maka yang tersedia yaitu ruangan bawah walaupun di situ biasanya juga menjadi tempat untuk menjaga ternak di waktu malam sehingga terdapat palungan. Jadi, Lukas 2:7 bukanlah berisi tentang penolakan, tetapi penerimaan.

Natal kita rayakan dengan sukacita dan beragam dekorasi. Aspek komersial seringkali menyebabkan figur Santa Claus dan para rusa, lebih populer dibandingkan miniatur palungan yang dikunjungi para gembala, yang menjadi kisah Natal sesungguhnya. Apa yang menjadi fokus perhatianmu saat Natal? Gembira menunggu kado sambil menyanyikan “Santa Claus is coming to town?” Atau siap untuk direpotkan menyambut kelahiran Yesus? Tuhan hadir dalam wujud-Nya sebagai sesama manusia. Hmmm… panggilan untuk menerima sesama dan melayaninya? Bisa jadi, doakan dan berkaryalah, sambil menyanyikan lagu ini, serta temukan maknanya secara pribadi. (YOD)

==

Ya Yesus, Tuhanku, dengar doaku: tetaplah sertaku dengan kasihMu.
(KJ 102)

Instrumental: https://youtu.be/DasdTjjg7yY

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *