Mata Iman #591: PAHLAWAN IMAN

MATA IMAN #591
Rabu, 10 November 2021

Bacaan: Kisah Rasul 20:28-32
Nas : Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan (ayat 28a)

PAHLAWAN IMAN

Seorang teman mengirimkan artikel “Selamat Hari Pendeta Sedunia”. Entah mengapa, saya langsung teringat kepada seorang pendeta yang tersenyum lebar dan beberapa kali berucap “puji Tuhan” saat menemukan sebuah jaket besar di antara tumpukan pakaian layak pakai hasil sumbangan gereja lain. Lalu tetap sambil tersenyum berceritera bahwa ia baru saja sembuh dari perawatan di Rumah Sakit, dan isterinya menjadi orang yang paling repot karena harus pontang-panting mencari bantuan dana dari kerabatnya.

Panggilan dari Tuhan untuk menjadi gembala domba-domba-Nya merupakan ketetapan Roh Kudus. Paulus menasihatkan dua hal penting terkait tugas khusus tersebut. Yang pertama adalah menjaga atau mengawasi diri sendiri melalui keteladanan hidup. Dan yang kedua adalah menjaga seluruh kawanan domba, yang berarti memberikan perlakuan yang sama kepada semua domba. Karena kawanan tersebut adalah milik Allah yang sangat berharga, yang dititipkan kepada gembala pilihan-Nya. Tugas ini sangat berat, menuntut pengorbanan besar, dan hanya bisa dilakukan jika si gembala bersandar penuh kepada Firman dan kasih karunia Tuhan.

Pendeta yang saya tuliskan di bagian awal renungan hari ini, sekarang sudah memasuki masa emeritasi. Namun saya percaya, pelayanannya tidak akan pernah berakhir. Peran sebagai gembala dengan segenap dinamikanya akan terus diemban. Mungkin pula tetap menanggung banyak beban yang hanya bisa diungkapkan kepada Tuhan, karena hidupnya diserahkan untuk melayani, bukan melayani untuk hidup. Bukankah gembala seperti ini termasuk pahlawan iman? (SLS)

PAHLAWAN IMAN BERARTI BERANI DAN BERSEDIA MENAKLUKKAN DIRINYA DI BAWAH OTORITAS FIRMAN TUHAN

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *