Notice: fwrite(): write of 691 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 42
Mata Iman #550: MABUK, NGAMUK, AMBRUK – GKI Kelapa Cengkir

Mata Iman #550: MABUK, NGAMUK, AMBRUK

MATA IMAN #550
Kamis, 30 September 2021

Bacaan: Amsal 23:29-35
Nas: Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat, tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak. (Ayat 31-32)

MABUK, NGAMUK, AMBRUK

Zhang Fei, dikenal sebagai jenderal yang pemberani dan tangguh, namun juga pemarah dan suka minum anggur. Ia pernah dinasihati kedua kakak angkatnya, Liu Bei dan Guan Yu, karena sifatnya keras dan kasar, yang semakin menjadi ketika mabuk. Pernah Zhang Fei memaki-maki sambil memukuli dan mencambuki beberapa prajurit yang tidak mau ikutan minum. Puncaknya adalah Zhang Fei kalah dan kehilangan kota Xia Pi yang dipercayakan kepadanya; beberapa prajuritnya berkhianat membantu jenderal Lu Bu yang menjadi lawannya; dan akhirnya ia tewas oleh mereka yang dendam kepadanya, karena diperlakukan kejam ketika ia mabuk.

Alkohol mempengaruhi sistem saraf pusat dan otak bagian tengah, yang menyebabkan gangguan koordinasi gerakan, penglihatan, dan fungsi bicara. Akibatnya, orang jadi kehilangan kendali, kurang mawas diri, ngoceh tanpa disaring dan bertindak tanpa pikir panjang yang membahayakan diri sendiri, memicu keributan, dalam pikiran kacau hingga berhalusinasi dan berefek kecanduan, seperti dideskripsikan dalam Amsal 23:29-35.

Jangan anggap sepele! Banyak kehidupan yang rusak karena kemabukan. Belajarlah dari riwayat Zhang Fei yang diambil dari Roman Tiga Kerajaan. Prestasi tinggi, nama baik dan wibawa sebagai pemimpin dapat seketika ambruk, yang berawal dari mabuk dan ngamuk. Hindari kemabukan, jangan turuti hawa nafsu, hiduplah selalu dipenuhi Roh Kudus yang menuntun kita menjadi penuh damai dan kasih. (YOD)

==

ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA. (Amsal 20:1)

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51