Mata Iman #549: HALELUYA

MATA IMAN #549
Rabu, 29 September 2021

Bacaan: Mazmur 150:1-6
Nas : Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! (ayat 6)

HALELUYA

Kita pasti mengenal lagu “Hallelujah”, bagian paling terkenal dari oratorio “Messiah” karya George Frideric Handel. Syairnya diambil dari kitab Wahyu, berisi pengakuan bahwa Tuhan Yesus berkuasa memerintah sebagai Raja atas surga dan bumi untuk selama-lamanya. Lirik lagu memang tidak panjang, dan pengulangan berpuluh kali pada kata “haleluya”, bertujuan menekankan maknanya. Tidak heran jika menurut asistennya, saat membuat oratorio tersebut dan sampai pada lagu “Hallelujah”, Handel menangis dan berkata, “Saya pikir saya telah melihat surga terbuka, dan melihat wajah Tuhan.”

Bacaan kita dalam renungan ini pun berawal dan berakhir dengan kata ” Haleluya”, yang memiliki arti ” pujilah Tuhan”. Bahkan seruan dari pemazmur untuk memuji Tuhan berlaku tanpa batas, yaitu kepada segala makhluk yang bernafas. Dalam buku “Tafsiran Alkitab Masa Kini” ditegaskan bahwa pernyataan kekudusan dan penebusan yang digambarkan dalam tempat kudus, bukanlah sekedar teori belaka, melainkan kenyataan dari hakikat Ilahi. Sehingga ajakan pemazmur untuk memuji Tuhan adalah berdasarkan keagungan kekudusan-Nya, kuasa penciptaan-Nya dan anugerah penebusan-Nya.

Tidak jarang orang enggan menyanyi karena merasa suaranya fals, atau karena tidak bisa membaca notasi. Apakah dengan begitu dianggap tidak bisa memuji Tuhan? Selama kita masih bernafas, hidup kita sejatinya berisi pujian hormat dan tulus kepada-Nya. Lagipula, memuji Tuhan tidak dibatasi hanya melalui lantunan melodi belaka, namun bisa melalui doa, kesaksian hidup dan beragam jenis persembahan yang berkenan kepada-Nya. Kita percaya bahwa Tuhan tidak hanya mendengar suara dari lidah bibir kita, namun yang utama justru seruan yang memancar dari lubuk hati kita. (SLS)

MUDAH-MUDAHAN ENGKAU BERKENAN AKAN UCAPAN MULUTKU DAN RENUNGAN HATIKU, YA TUHAN, GUNUNG BATUKU DAN PENEBUSKU (Mazmur 19:15)

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *