Mata Iman #526: DAY BY DAY

MATA IMAN #526
Senin 6 September 2021

Bacaan: Keluaran 16:4-20
Nas: Beginilah perintah TUHAN: “Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwa.” (ay 16).

DAY BY DAY

Sewaktu saya mengikuti tour Holy Land beberapa tahun yang lalu, tour diawali dari Mesir dilanjut ke Israel. Dari Mesir menuju Israel menggunakan transportasi bus, melewati padang gurun yang tandus, sepertinya tidak ada kehidupan, hanyalah hamparan pasir, jarang sekali tumbuh pepohonan di sana. Saya membayangkan betapa beratnya perjalanan eksodus umat Israel keluar dari Mesir. Pantas saja umat Israel hanya mengandalkan bekal yang dibawa karena tidak menjumpai buah-buahan yang bisa dipetik.

Wajar saja umat Israel menggerutu ketika bekal mereka habis. Bekal adalah satu-satunya andalan mereka, karena mereka tidak bisa mendapatkannya di tengah perjalanan. Tatkala umat-Nya kekurangan, Tuhan pun turun tangan. Dia mengirimkan manna dari sorga untuk umat Israel. Syaratnya mereka harus mengambil menurut keperluannya dalam satu hari, sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Jika mereka mengambil lebih, maka sisanya akan busuk di keesokan harinya.

Mengambil secukupnya, adalah perintah yang memberi pelajaran bagi umat, bahwa mereka tidak boleh serakah, karena Tuhan memberi dengan cukup. Perbuatan serakah itu merampas hak orang lain. Di samping itu, mereka diajar untuk selalu bergantung kepada Tuhan hari demi hari. Manusia itu sejatinya memerlukan sedikit untuk hidup, tetapi masalahnya manusia memiliki banyak keinginan, dari keinginanlah keserakahan timbul. Oleh karena itu Yesus mengajarkan kita berdoa: “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami secukupnya.” Doa yang mengajarkan rasa cukup. (ENO)

JIKA KITA MENGAMBIL SEPERLUNYA, MAKA MANUSIA DI DUNIA TIDAK AKAN ADA YANG KELAPARAN, KARENA TUHAN MENYEDIAKANNYA CUKUP.

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *