Mata Iman #522: KETINDIHAN: MISTIS ATAU ILMIAH?

MATA IMAN #522
Kamis, 2 September 2021

Bacaan: 1 Timotius 4:1-16
Nas: Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. (ayat 7)

KETINDIHAN: MISTIS ATAU ILMIAH?

Badan terasa kaku, susah bergerak disertai efek halusinasi, seolah ada sosok menyeramkan yang sedang menindih di atas dada hingga perut dan memegangi kedua tangan. Mau berontak atau teriak terasa susah, suara tidak keluar, nafas sesak lalu terengah-engah hingga akhirnya bisa terbangun dengan sensasi agak pusing dan dalam suasana mencekam.

Bertitik tolak dari nasihat Paulus kepada Timotius agar berpegang kepada firman Tuhan dan ajaran yang sehat serta menjauhi takhayul, maka sekarang marilah kita melihat ketindihan dari sisi ilmiah. Fenomena itu disebut sleep paralysis, tergolong dalam sleep disorder dan akan reda dengan sendirinya. Yang terjadi yaitu, saat memasuki fase tidur, otak masih aktif namun kondisi otot sudah shutting down itu adalah mekanisme normal dari tubuh agar menjaga kita tidak terlalu banyak bergerak saat tidur, agar tidak membahayakan diri sendiri. Atau pada saat terbangun, otak mulai restart bersiap bangun, namun otot badan masih lelah, sehingga tidak “switched on” berbarengan; itulah sebabnya dalam keadaan setengah atau akan tersadar muncul berbagai halusinasi yang dibarengi sensasi “belum bisa bergerak”. Jika kita berdoa dan atur nafas, untuk mensinkronkan otak dan otot, pasti “ketindihan” mereda.

Sleep paralysis bisa dihindari, dengan beberapa cara:
– Hindari minuman berkafein atau beralkohol agar tidak merusak kesehatan dan waktu tidur alamiah,
– Hindari tidur siang kelamaan, atau sebaliknya, beraktivitas fisik yang terlalu melelahkan di siang hari,
– Rileks, dengarkan musik rohani easy listening lalu berdoa dan berimanlah, bahwa kita selalu berada dalam perlindungan Tuhan. Amin! (YOD)

==
Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. (Mazmur 4:9)
==

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *