Mata Iman #519: PENDEK INGATAN

MATA IMAN #519
Senin 30 Agustus 2021

Bacaan: Keluaran 16:1-5
Nas: Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun; dan berkata kepada mereka: “Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan.” (ay 2-3).

PENDEK INGATAN

Netizen +62 termasuk orang yang pendek ingatan. Gampang melupakan kejadian penting masa lalu. Misal, sudah lupa akan tragedi Trisakti tahun 1998 yang berujung tragedi kemanusiaan berbau rasis. Yang pada akhirnya memaksa Presiden Soeharto lengser. Dalangnya kita sudah bisa menebak, tetapi toh sampai saat ini dalang tersebut tidak tersentuh hukum. Memang kita sudah salah berharap keadilan kepada manusia. Hanya Tuhanlah, satu-satunya andalan keadilan bagi kita.

Umat Israel juga termasuk yang pendek ingatan. Mereka menjadi saksi mata akan kedahsyatan kekuasaan Tuhan yang menolong mereka keluar dari Mesir. Tanpa pertolongan Tuhan, niscaya mereka sudah dihabisi oleh tentara Mesir di pinggir laut Teberau. Tatkala mereka menempuh perjalanan di padang gurun, mereka kehabisan makanan, maka mulai bersungut-sungutlah mereka. Mereka merasa lebih baik mati di tanah Mesir dalam keadaan kenyang, daripada mati kelaparan di padang gurun. Mereka lupa bahwa di Mesir mereka menjadi budak, dan sedang ditolong untuk menjadi manusia merdeka di tanah perjanjian.

Sobat Cengkir, kalau saat ini kita sedang mengalami kesulitan, apapun itu, janganlah menggerutu. Jangan menjadi orang percaya yang pendek ingatan. Tengoklah masa lalu Anda, dulu seperti apa, sekarang menjadi apa. Betapa Tuhan terus menyertai kita di dalam menempuh “padang pasir” kehidupan kita. Jatuh bangun silih berganti, tetapi toh Tuhan selalu menopang. Bersyukurlah kalau kita masih diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sarat makna bagi sesama. (ENO)

PUJILAH TUHAN HAI JIWAKU, DAN JANGANLAH LUPAKAN SEGALA KEBAIKAN-NYA. (Mazmur 103:2).

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *