Mata Iman #512: DIAM DAN TENANG

MATA IMAN #512
Senin 23 Agustus 2021

Bacaan: Keluaran 14:15-20
Nas: Kemudian bergeraklah Malaikat Allah, yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang mereka. (ay 19).

DIAM DAN TENANG

Kita sekarang harus belajar hidup berdampingan dengan penyakit Covid-19, seperti halnya kita sudah berdamai dengan penyakit flu. Awalnya kita hidup serba salah. Keluar rumah karena mencari nafkah, tetapi takut terpapar Covid-19. Diam di rumah juga gelisah, apalagi tidak bisa beribadah di tempat ibadah. Kita tidak tahu kapan wabah ini mereda apalagi punah. Analisis para pakar kesehatan tidak seragam berseliweran di media, membuat bingung kita yang awam. Kita hanya bisa berteriak di dalam doa: “Tuhan tolonglah kami!”

Tatkala umat Israel eksodus dari Mesir, mereka terhimpit antara pasukan Mesir di belakang, dan laut yang terhampar di depan. Umat Israel merasa akan habislah mereka. Tidak ada jalan keluar, buntu. Tatkala manusia berserah, waktunya Allah bertindak. Tuhan mengambil alih beban dan kesulitan umat Israel. Pembebasan umat Israel dari perbudakan di Mesir adalah inisiatif Allah. Maka Ia menurunkan Malaikat untuk melindungi umat-Nya.

Kala kita terhimpit persoalan berat dan tidak menemukan jalan keluar, baik dalam masalah ekonomi, kesehatan, rumah tangga, dan masalah apa pun yang kita tidak sanggup menyelesaikannya, maka Tuhanlah andalan kita. Serahkanlah kepada Tuhan, maka Dia akan mengambil alih. Ketika situasi sulit menghimpit, jangan panik. Berdiam dirilah sejenak, tenangkan hati dan belajar percaya kepada Tuhan. Di dalam diam dan tenang kita, terletak kekuatan orang percaya. Justru dalam kelemahanlah kuasa Tuhan menjadi sempurna. (ENO)

DENGAN BERTOBAT DAN TINGGAL DIAM KAMU AKAN DISELAMATKAN, DALAM TINGGAL TENANG DAN PERCAYA TERLETAK KEKUATANMU. (Yesaya 30:15b).

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *