Mata Iman #456: MURKA DI TENGAH KESABARAN

MATA IMAN #456
Senin 28 Juni 2021

Bacaan: Keluaran 4:13-16
Nas: Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa dan Ia berfirman: “Bukankah di situ Harun, orang Lewi itu, kakakmu? Aku tahu, bahwa dia pandai bicara; lagipula ia telah berangkat menjumpai engkau, dan apabila ia melihat engkau, ia akan bersukacita dalam hatinya. (ay 14).

MURKA DI TENGAH KESABARAN

Kadang kala kita merasa banyak kekurangan di diri kita. Hal ini sering membuat kita takut untuk bertindak dan bahkan menolak jika ada tugas pelayanan. Kita merasa tidak cukup mampu untuk tugas tersebut. Musa pun demikian. Padahal Musa sudah dipersiapkan oleh Tuhan selama 80 tahun. Setengahnya di Mesir melalui pendidikan kelas premium di istana Firaun. Sedangkan setengahnya lagi di padang gurun Midian dengan menjadi gembala domba, yang mengasah karakter Musa menjadi kuat dan tahan banting.

Tuhan menampakkan diri-Nya kepada Musa, dan Dia memberikan dua tugas kepadanya. Tugas pertama adalah menyampaikan kepada umat Israel bahwa Tuhan mengutusnya untuk membawa umat-Nya keluar dari Mesir. Tugas yang kedua adalah meminta kepada Firaun untuk mengizinkan umat Israel meninggalkan Mesir. Tetapi kedua tugas ini ditolak Musa. Penolakan Musa membuat Tuhan murka. Padahal Tuhan sudah sangat sabar mempersiapkan Musa selama 80 tahun. Tuhan tidak gegabah ketika mengutus. Tuhan juga menghadirkan Harun, kakak Musa, yang pandai berbicara sehingga cocok sebagai juru bicara Musa.

Jika kita diutus Tuhan untuk melayani, jangan sekali-kali menolak. Jangan sampai membuat Tuhan yang sabar itu murka. Percayalah Tuhan tahu akan kelebihan maupun kekurangan kita. Dia niscaya akan memperlengkapi dan memampukan kita untuk tugas yang dipercayakan-Nya kepada kita. Teman sepelayanan juga hadir untuk saling mendukung. Yang perlu kita lakukan adalah mengerjakan tugas yang diberikan-Nya. Itu saja. (ENO)

DI DALAM KEMURKAAN-NYA, TUHAN TETAP MENUNJUKKAN KESABARAN-NYA.

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34