Mata Iman #391: “SAHABAT” AYUB

MATA IMAN #391
Sabtu 24 April 2021

Bacaan: Ayub 42:7-17
Nas: Setelah TUHAN mengucapkan firman itu kepada Ayub, maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Téman: “Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu, karena kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.” (ayat 7)

“SAHABAT” AYUB

Alkisah, ada orang yang ditimpa kesusahan, didatangi temannya dan langsung dituduh berdosa, punya salah terhadap Tuhan, disuruh bertobat, dll. Sobat Cengkir, tidak sedikit orang Kristen yang undur dari Tuhan karena masalah seperti ini. Lagi down bukan bantu diangkat, malah tambah dibanting pake F5, terus dihajar pake people’s elbow. Selesai? Nggak, kali ini pakai jurus MMA, di rear naked choke sampai tap out. Selesai? Belum. Ditutup pakai trash talk paling trash: “Mana iman loe? Masa gitu aja nyerah?”

Kita semua tahu kisah atau kitab Ayub. Hampir seluruh kitab Ayub berisi tentang nasihat sahabat-sahabat Ayub. Dari empat orang yang datang, tiga di antaranya justru menuduh dan menghakimi Ayub. Menganggap apa yang terjadi pada Ayub adalah karena Ayub bersalah kepada Tuhan. Mereka bukan netizen yang hobinya memang menghakimi siapapun juga, mereka sahabat Ayub. Bukan teman biasa, bukan sekedar kenal, tetapi sahabat. Dalam banyak hal, sahabat kadang jauh lebih dekat dibanding saudara. Bahkan ketika Ayub mencoba menjelaskan situasinya, apa yang ia rasakan, mereka kembali “menasihati” Ayub untuk segera bertobat.

Kita semua tahu bahwa apa yang terjadi pada Ayub bukanlah karena kesalahan Ayub. Seringkali masalah datang agar kita makin dekat dengan Tuhan atau “naik kelas” – tidak ada hubungannya sama penghukuman Tuhan. So, from now on, jika kita menemukan sahabat atau saudara lagi dalam masalah, pray for them, berempatilah kepada mereka, don’t judge them. (GPT)

Saat hidup sesama kita sudah berat, jangan diperberat dengan penghakiman yang bersifat asumsi.

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *