Mata Iman #373: SANGKAL DIRI PIKUL SALIB?

MATA IMAN #373
Selasa, 6 April 2021

SANGKAL DIRI PIKUL SALIB?

Bacaan: Matius 16:21-27
Nas: Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (ayat 24)

Berbagi waktu, perasaan dan materi untuk orang yang disayangi. Juga mengabaikan kebutuhan diri sendiri serta menurunkan ego untuk menyelesaikan kesalahpahaman bersama-sama. Setiap orang akan berkorban demi cintanya. Namun begitulah cinta, tidak selalu indah, cenderung paradoks. Banyak kisah sepanjang hidup manusia bercerita tentang cinta, seolah tiada habisnya. Berbagai lagu, film, dan novel berkisah tentang cinta, menggambarkan begitu besar peran cinta dalam kehidupan seorang manusia. Manusia dan cinta selalu hidup berdampingan, menimbulkan ketergantungan, rasa sakit sekaligus perasaan bahagia.

Begitu juga cinta Bapa kepada kita, umat yang dikasihi-Nya. Dia rela mengorbankan Putra Tunggal-Nya dan turun dari tahta-Nya demi menjalankan misi untuk memulihkan relasi yang rusak antara Pencipta dan ciptaan-Nya akibat dosa. Kita tidak asing mendengar istilah ‘sangkal diri pikul salib’, karena memang demikian seharusnya yang dilakukan jika kita bersungguh-sungguh mengasihi-Nya. Sama seperti ketika kita begitu mengasihi seseorang yang berarti dalam hidup.

Kita akan melakukan apapun untuk menyenangkan pihak yang terkasih, walau bertentangan dengan keinginan diri. Itulah sangkal diri. Kita sungguh-sungguh mengasihi Allah berarti juga rela mengikuti setiap perintah-Nya dalam kehidupan ini dengan segala konsekuensinya. Itulah pikul salib. Kita menyenangkan Allah serta menjauhi perbuatan yang tidak disukai-Nya sebagai bukti cinta dan komitmen kita.
(oleh Priska Grace – Juara 2 Lomba Menulis Renungan Mata Iman)

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)

 

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *