Mata Iman #361: DITARIK OLEH ANUGERAH-NYA

MATA IMAN #361
Minggu 21 Maret 2021

Bacaan: Yohanes 12:20-33
Nas: dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku (ay. 32)

DITARIK OLEH ANUGERAH-NYA

Pada masa Prapaskah terdapat pertanyaan fundamental yang perlu direnungkan dan disikapi sebagai keputusan etis. Pertanyaan tersebut adalah: “ Ke manakah aku berada di tengah-tengah tarikan kuasa dunia yang sedang bekerja?” Apakah di tengah-tengah tarikan yang ada, kita tetap memilih setia dan taat kepada kehendak Allah? Tarikan-tarikan tersebut sering begitu kuat dan menggoda. Tetapi apakah kita berkomitmen menjaga integritas diri? Surat Yakobus berkata: “Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya”(Yak. 1:14). Tarikan-tarikan yang kuat itu adalah keinginan diri sendiri yang jahat.

Di dalam Yohanes 12:32, Yesus menegaskan bahwa saat Ia disalibkan, maka Ia akan menarik semua orang kepada Dia. Manusia perlu merenungkan secara eksistensial tentang makna hidupnya, yaitu kepada siapa ia mau ditarik? Apakah kepada penguasa dunia yang dimanifestasikan dengan keinginan-keinginan yang jahat? Ataukah kepada Kristus? Manusia harus mengambil keputusan untuk segera merespons tarikan dari Yesus Kristus yang memberikan anugerah keselamatan, bukan merespons tarikan dari keinginan yang jahat.

Namun, ada satu hal yang bersifat khusus pada saat manusia membuka diri untuk ditarik oleh anugerah keselamatan Allah di dalam Kristus. Anugerah Allah tersebut akan melimpahi hidup seseorang sehingga ia menjadi antusias untuk menjadikan salib Kristus sebagai jalan hidupnya. (ARS)

The God who has the whole world in his hands has grace for the whole world in his heart.
Lewis B. Smedes

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *