Mata Iman #352: 33

MATA IMAN #352
Jumat 12 Maret 2021

Bacaan: Roma 12: 1-3
Nas: sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. (ayat 3c)

33

Dalam agama Hindu kuno, dikenal 33 dewa-dewi; dalam tradisi Buddha, dikenal 33 inkarnasi Bodhisattva Avalokitesvara. Dalam tasbih yang biasa dipakai kawan-kawan Muslim kita, terdapat 33 set butiran. Bangunan kaum Freemason pun dibangun dengan 33 kolom setinggi 33 kaki. Melihat berbagai kepercayaan memaknai sesuatu sangatlah unik – kita jadi belajar, meski hidup di dunia yang sama dan memandang objek yang sama, setiap orang bisa punya pemahaman sendiri. Pertanyaannya kemudian, bagaimana kita memaknai dunia kita dengan cara sendiri?

Hari ini, Rasul Paulus mengajar kita untuk hidup kudus dan berkenan kepada Allah, di tengah bermacam-macam worldview yang ada. Hidup kudus bukan berarti membiara dan memisahkan diri dari ‘dunia’ – melainkan tetap aktif berkarya di dalamnya, sambil konsisten menjaga nilai-nilai Kerajaan Allah sejak dalam pikiran hingga perbuatan.

Menyadari bahwa Rasul Paulus ingin agar orang beriman pikirannya selaras dengan Tuhan, saya pun berupaya memaknai 33 dengan cara lain. Jumlah ruas punggung kita ada 33, dan secara tradisi dipercaya Yesus berusia 33 tahun ketika wafat dan bangkit. Saya dan Yesus (dan tentu sebagian besar Sobat Cengkir), pernah sama-sama berusia 33 tahun dan berkarya di Bumi yang sama. Usia 33 jadi momen untuk belajar mengenal Yesus lebih baik, sebagai sosok yang 100% Allah 100% manusia. Dengan demikian, kita dimampukan untuk berdiri tegak menghadapi setiap tantangan baru yang akan terbit setiap pagi bersama matahari. (OLV)

Bagi warga Roma waktu itu maupun kita, warga Jakarta hari ini, Rasul Paulus mengingatkan kita untuk makin mendekat pada Tuhan, walau kita hidup di kota yang penuh tantangan.

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *