Mata Iman #303: Hospitalitas

MATA IMAN #303
Jumat 22 Januari 2021

Bacaan: 2 Raja-raja 4:8-17
Nas: Baiklah kita membuat sebuah kamar atas yang kecil yang berdinding batu, dan baiklah kita menaruh di sana baginya sebuah tempat tidur, sebuah meja, sebuah kursi dan sebuah kandil, maka apabila ia datang kepada kita, ia boleh masuk ke sana. (ayat 10)

HOSPITALITAS

Setelah hampir setahun tidak ‘bergereja’ secara fisik karena pandemi, saya iseng mengecek siapa saja sosok kawan gereja yang paling berkesan di benak orang tua saya. Uniknya, sosok yang paling meninggalkan kesan di benak mereka ternyata yang bukan yang paling sering mondar-mandir mengurus event gereja atau yang paling populer, entah karena karir yang sukses atau memegang peran strategis di gereja. “Paling kangen sama X karena dia yang paling ramah, sapaannya selalu khas,” demikian ujar mereka.

Hospitalitas atau keramahtamahan merupakan salah satu karakter luhur sejak masa lampau. Alkitab kita, dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru, penuh dengan teladan hospitalitas, salah satunya yaitu hospitalitas perempuan Sunem di bacaan ini yang sangat berkesan di hati Elisa. Kemapanan finansialnya tidak ia manfaatkan untuk menyombongkan diri atau meng-eksklusif-kan hidupnya, melainkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi sesama manusia.

Bagaimana kita menghadirkan keramahtamahan di dunia kita hari ini, yang terisolir oleh pandemi? Tim perlawatan yang dulu dapat mengunjungi anggota jemaat dan simpatisan, untuk menanyakan kabar dan mendoakan pergumulan mereka, pun belajar beradaptasi dengan perlawatan online. Sebagai umat Tuhan, mari kita sama-sama berkomitmen menghadirkan hospitalitas alias keramahtamahan seperti yang Alkitab teladankan, dengan format yang sesuai untuk keadaan hari ini. Karena pada akhirnya, sesamamu manusia belum tentu ingat akan betapa luasnya wawasanmu, betapa kerennya prestasimu atau betapa banyak properti yang berhasil kamu kumpulkan. Mereka hanya akan ingat hospitalitasmu. (OLV)

People will forget what you said, people will forget what you did, but people will never forget how you made them feel.
-Maya Angelou

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *