Mata Iman #295: Belajar Melambat Dari Kukang

MATA IMAN #295
Jumat 15 Januari 2021

Belajar Melambat dari Kukang

Bacaan: Pengkotbah 3:1-15
Nas: Ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara (ayat 7b)

Jika orang ‘rajin’ meminta kita belajar dari semut, maka orang yang berkebalikan dengan itu akan menyuruh manusia belajar dari kukang – hewan primata paling lambat gerakannya. Bayangkan saja, seekor kukang hanya bergerak sejauh 36 meter/hari dan maksimum kecepatan jalannya 4 meter/menit. Namun belakangan ini jika rajin memantau tren di buku-buku pengembangan diri, kita akan jumpai banyaknya buku Sloth Philosophy alias Filsafat Kukang, yang justru mengajak kita untuk bergerak lebih lambat. Konon, inilah salah satu kunci kebahagiaan dan produktivitas di era Revolusi Industri 4.0. Hmm, benarkah?

Wajar jika kita mengawali 2021 dengan semangat nge-gas bahkan mungkin langsung kerja keras hingga lembur. Hari ini Pengkotbah mengajari kita kalau Allah menempatkan dalam hati manusia suatu keinginan mendalam akan sesuatu yang ‘lebih’. Kita diciptakan untuk kekekalan, dan kadang kita ‘salah alamat’, berupaya menemukan nilai kekal di dalam dunia dan kegiatan-kegiatan hidup ini. Perlu kita ingat, hal-hal material dan kegiatan-kegiatan sekular tidak akan pernah memuaskan kita sepenuhnya.

Mari kita belajar menyediakan waktu untuk melambat seperti kukang. Berdiam diri untuk menikmati hidup sebagaimana mestinya; hidup yang merupakan pemberian-Nya. Bukankah Tuhan pun beristirahat pada hari yang ketujuh? Selamat menikmati awal 2021 dengan mindful & slow down, seperti seekor kukang. (OLV)

Being busy isn’t a badge of honour if you’re miserable
– The Little Book of Sloth Philosophy

*

Rangkuman Filsafat Kukang: SLOW

S – Sleep In
Sesibuk apapun, jangan terlalu banyak lembur hingga kurang tidur

L – Leave your phone at home
Ambil waktu untuk unplugged; misalnya ketika kita jalan sore di sekitar rumah atau pergi ke laundry, tinggalkan ponselmu agar bisa mindful walking

O – Opt out
Tidak apa-apa jika kamu menolak beberapa kegiatan sosial untuk menikmati waktu tenang sendiri.

W – What’s the rush?
Tanyakan pada diri sendiri: Apakah hal ini memang harus segera dikerjakan secepat mungkin?

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34